Sainz menangi GP Singapura akhiri rentetan kemenangan Red Bull

id formula 1,carlos sainz,ferrari,grand prix singapura

Sainz menangi GP Singapura akhiri rentetan kemenangan Red Bull

Pebalap Ferrari Carlos Sainz Jr. merayakan keberhasilannya menjuarai Grand Prix Singapura Formula 1 di Marina Bay Street Circuit, Singapura, Minggu (17/9/2023). ANTARA/AFP/Lillian SUWANRUMPHA /

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Ferrari Carlos Sainz Jr. memimpin dari start sampai finis untuk memenangi Grand Prix Singapura pada Minggu, sekaligus untuk mengakhiri rentetan kemenangan Red Bull.

Lando Norris berada di posisi kedua dengan McLarennya, sedangkan Lewis Hamilton menduduki posisi ketiga. Pemuncak klasemen Max Verstappen finis di posisi kelima ketika Red Bull gagal meraih kemenangan untuk pertama kalinya di musim ini, demikian dikutip dari AFP.

Sainz mengendalikan kecepatan pada balapan malam hari itu dengan brilian dari pole position untuk mencatatkan kemenangan keduanya di ajang ini. Kemenangan pertama Sainz didapat di Grand Prix Inggris di Silverstone tahun lalu.

 

Hal itu membuyarkan harapan Red Bull untuk menyapu bersih semua balapan di 2023, ketika Verstappen hanya dapat mendongkrak start dari posisi ke-11 menuju posisi kelima.

Sainz terlihat akan memastikan kemenangan sampai safety car virtual muncul pada lap ke-20, untuk membuat dua mobil Mercedes memiliki kesempatan untuk mengganti ban kompon medium yang lebih segar.

Russell dan Hamilton segera menyesuaikan diri dan mengembangkan kecepatan, serta mampu menyalip mobil Ferrari kedua yang dikemudikan Charles Leclerc. Leclerc kemudian finis di posisi keempat.

Namun meski kedua pebalap itu melaju cepat, baik Russel maupun Hamilton tidak mampu melewati Sainz. Sainz juga mampu menjaga jarak dari mantan rekan setimnya Norris, untuk membuat pebalap Inggris itu dapat mempertahankan posisi kedua.

Russell tertahan di belakang Norris sampai upaya untuk menyalip berujung pada menubruk dinding sisi trek di tikungan delapan lap terakhir, untuk membuat Hamilton mampu mengamankan posisi ketiga.