Film dokumenter tradisi berburu paus Lamalera diputar di Tokyo

id Kujirabito,film dokumenter,tradisi berburu paus,Nusa Tenggara Timur,Jepang

Film dokumenter tradisi berburu paus Lamalera diputar di Tokyo

Sutradara fil dokumenter "Kujirabiro" Bon Ishikawa. (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Tokyo (ANTARA) - Film dokumenter “Kujirabito” yang berkisah tentang tradisi masyarakat Desa Lamalera, Nusa Tenggara Timur, dalam berburu ikan paus, diputar di Tokyo.

Sutradara film “Kujirabito” Bon Ishikawa di Tokyo, Senin, mengaku ingin menyampaikan budaya yang bagus kepada khalayak ramai di tengah maraknya globalisasi.

“Ada budaya yang bagus yang bisa disampaikan, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Jepang. Jadi ada kemiripan pada Zaman Edo, masyarakat di Jepang juga berburu paus, sama seperti di Indonesia masih dengan cara tradisional,” kata dia.

Film “Kujirabito”, dalam makna harafiah “manusia ikan paus”, merekam keterikatan hubungan antara manusia dengan paus sebagai berkah yang diberikan tuhan kepada masyarakat Lamalera untuk menjalankan kehidupan.

Untuk itu, hubungan erat antara manusia dengan Sang Pencipta sangat tergambar di mana masyarakat Lamalera selalu melibatkan Tuhan baik sebelum, setelah berburu paus maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Ishikawa membutuhkan waktu hingga tiga tahun untuk membuat film dokumenter yang sebetulnya sudah diawali dengan riset sejak 1991 saat dia mengambil sejumlah foto terkait tradisi itu.