Festival Aek Telakung Jambi

id Jambi,festival budaya aek talakung,berita sumsel, berita palembang

Festival Aek Telakung Jambi

Gubernur Jambi Al Haris saat hadir pada acara Festival Aek Talakeng di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. ANTARA/HO-Diskominfo Jambi

Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Al Haris mengatakan Festival Aek Telakung merupakan wujud komitmen melestarikan adat budaya di Provinsi Jambi dan masyarakat di Desa Baru, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi.

"Festival Aek Telakung merupakan bagian dari Festival Kenduri Swarnabhumi, di sini Festival Aek Telakung Desa Baru itu tentunya bertujuan untuk mengangkat akar budaya supaya nilai dan norma, budaya serta adat tradisional yang sejak dahulu bisa dikenal kembali oleh masyarakat kita atau anak cucu kita nanti," kata Al Haris di Jambi Senin.

Kemudian lagi misi kegiatan budaya ini yaitu ingin sejarah Sungai Batanghari yang sudah banyak sekali memberikan kontribusi baik itu kontribusi dagang maupun sejarah yang dahulu Sungai Batanghari ini masih bersih dan belum merusak lingkungan diharapkan lewat Festival Aek Telakung Desa Baru ini bisa menjadi momentum untuk kembali mengangkat sejarah dan sekaligus melestarikan lingkungan sungai.