Luhut Binsar Pandjaitan bahas rencana impor sapi dan kedelai dengan Afrika Selatan

id Luhut binsar pandjaitan, menko marves, afrika selatan, ktt brics, impor sapi, impor kedelai, kerja sama indonesia-afrika

Luhut Binsar Pandjaitan bahas rencana impor sapi dan kedelai dengan Afrika Selatan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) dalam pertemuan dengan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa (kanan) dalam kunjungan kerja ke Johannesburg, Afrika Selatan, Selasa (11/7/2023). ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membahas rencana untuk mengimpor sapi dan kedelai, dalam pertemuannya dengan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

Dalam kunjungan kerja ke Johannesburg, Afrika Selatan, Selasa (11/7), Luhut berharap kesepakatan mengenai rencana impor itu bisa diselesaikan dan ditandatangani menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo saat KTT BRICS (Brasil, Rusia, India, China, Afrika Selatan) pada Agustus 2023 mendatang.

“Salah satu agenda penting yang kami bahas adalah persiapan untuk partisipasi Presiden Joko Widodo dalam KTT BRICS (Brasil, Rusia, India, China, Afrika Selatan) yang akan datang. Pertemuan ini memberikan platform untuk diskusi yang produktif, dengan kedua belah pihak berharap akan dilakukan penandatanganan kesepakatan mengenai impor sapi dan kedelai,” kata Luhut lewat keterangan di Jakarta, Rabu.

Sebagai langkah awal, Indonesia sedang menjajaki kemungkinan impor 50.000 ekor sapi dan 300.000 ton kedelai dari Afrika Selatan, dengan tujuan memperkuat dan memperluas perdagangan bilateral di sektor pertanian.