Dokter imbau warga digigit anjing segera disuntik VAR

id Rabies, anjing, anjing rabies, gigitan anjing, klb rabies, ntt, sikka, maumere, sar, vaksin anti rabies, ka,berita sumsel, berita palembang

Dokter imbau warga digigit anjing segera disuntik VAR

Vaksinator dari Dinas Pertanian Kabupaten Sikka melakukan vaksinasi rabies pada anjing peliharaan warga di Kelurahan Waioti, Kabupaten Sikka, NTT, Minggu (14/5/2023). (ANTARA/HO-Dinas Pertanian Kabupaten Sikka)

Maumere (ANTARA) -
Dokter Spesialis Anak RSUD TC Hillers, Mario Nara mengimbau masyarakat Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur untuk segera mencari pertolongan ke fasilitas kesehatan (faskes) guna mendapatkan vaksin anti rabies (VAR) apabila terkena gigitan hewan penular rabies (HPR) khususnya anjing.
 
"Bila ada anak yang digigit, segera cuci luka dengan air dan detergen lalu ke faskes terdekat untuk mendapatkan perawatan luka dan suntikan VAR," kata Mario di Maumere, Kabupaten Sikka, Jumat.
 
Hal itu dia sampaikan menyikapi adanya satu kasus gigitan terhadap seorang anak kecil berusia enam tahun yang tidak segera mendapatkan VAR usai digigit.
 
Bocah laki-laki asal Hikong, Talibura itu digigit anjing pada dagu sekitar tanggal 11 Juni 2023. Namun, bocah tersebut bersama ibunya baru berobat ke Puskesmas Boganatar pada tanggal 3 Juli 2023.

Mario menjelaskan anak tersebut masih dirawat di ruang isolasi ruangan anak Melati. Sang anak menunjukkan gejala gelisah, bicara sembarang, makan sedikit, dan tidak bisa minum.  
"Masih terpasang infus dan diberikan nutrisi lewat cairan infus itu," katanya menerangkan.