Pencak silat masuk sekolah di Australia

id KJRI Sydney, Pencak Silat, Australia

Pencak silat masuk sekolah di Australia

Konsulat Jenderal RI di Sydney memperkenalkan pencak silat dalam program "Indonesia Goes to School (IGTS)" di Sekolah Our Lady of Good Counsel di Forestville, New South Wales, Australia, Kamis (22/6/2023). (ANTARA/HO-KJRI Sydney)

Jakarta (ANTARA) - Konsulat Jenderal RI di Sydney memperkenalkan pencak silat dalam program "Indonesia Goes to School" (IGTS) di Sekolah Our Lady of Good Counsel di Forestville, New South Wales, Australia.

"Ini pertama kalinya pencak silat disertakan di program IGTS sejak mulai diperkenalkan di sekolah dasar dan menengah di NSW, Australia," kata Konsul Penerangan, Sosial, dan Budaya KJRI Sydney, Abdul Nazar, melalui keterangan pers yang diterima pada Minggu.

Program IGTS pada Kamis (22/6) itu diikuti oleh sekitar 80 murid dari kelas 3 dan 4 yang terbagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok mengikuti kegiatan tertentu, yaitu lokakarya angklung, story telling dalam dua bahasa, presentasi interaktif tentang Indonesia, dan demo pencak silat.

Menurut keterangan KJRI, saat demo pencak silat, para murid tampak antusias mengikuti peragaan yang dipandu dua anggota NSW Pencak Silat Association Inc, Ghazali dan Yun.

"Pada prinsipnya, selain sebagai sebuah seni dalam pertahanan diri, pencak silat juga mengandung unsur pendidikan mental serta nilai-nilai persahabatan," kata Ghazali.