Festival Silat Serumpun di Kepri

id festival silat,festival silat serumpun,silat indonesia,pesilat indonesia,silat melayu,tanjungpinang,pencak silat

Festival Silat Serumpun di Kepri

Seorang pesilat memperagakan gerakan silat pada Festival Silat Serumpun 2023 di Laman Tugu Sirih, Kota Tanjungpinang, Kepri, Kamis (9/11/2023). (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bersama Lembaga Adat Melayu (LAM) menggelar Festival Silat Serumpun 2023 yang dimeriahkan ratusan pesilat dari daerah setempat hingga Malaysia.

Kegiatan ini dipusatkan di laman Tugu Sirih, Tepi Laut, Tanjungpinang, mulai tanggal 9-11 November 2023. Pembukaan festival diawali dengan parade 530 peserta dari sembilan perguruan silat di Tanjungpinang, Bintan, dan Malaysia.

"Untuk melestarikan pencak silat memang perlu sebuah aktivitas konkret dalam bentuk festival bersifat kejuaraan atau lomba, sehingga memacu animo masyarakat atau pecinta pencak silat maupun para pesilat untuk mengambil peran dalam kegiatan ini," kata Asisten II Pemkot Tanjungpinang Bambang saat membuka festival di Tanjungpinang, Kamis.

Menurutnya, festival tersebut dapat menambah spirit kompetisi untuk memajukan pencak silat, khususnya pencak silat tradisional sebagai budaya leluhur Bangsa Melayu Nusantara ,agar terus berjaya menjadi tuan rumah di negeri sendiri.