MotoGP Jerman: Marc Marquez hadapi ujian berat sebagai raja di Sachsenring

id motogp,grand prix jerman,marc marquez

MotoGP Jerman: Marc Marquez hadapi ujian berat sebagai raja di Sachsenring

Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez menuju parc ferme setelah mengklaim pole position Grand Prix Jepang di Sirkuit Motegi. (24/9/2022) (AFP/TOSHIFUMI KITAMURA)

Jakarta (ANTARA) - Marc Marquez akan menjalani ujian berat untuk mempertahankan statusnya sebagai "raja" dari Sirkuit Sachsenring saat MotoGP tiba di Jerman untuk balapan seri ketujuh musim 2023 pada akhir pekan ini.

Di sirkuit sepanjang 3,67km itu, Marquez menjadi pebalap tersukses dengan 11 kemenangan dari 11 penampilan terakhirnya di seluruh kelas sejak 2010.

Marquez layak mendapatkan julukan "SachsenKing" karena belum terkalahkan sejak 2013 dengan delapan podium teratas di kelas MotoGP, paling terkini pada 2021 ketika ia merebut kemenangan emosional pertamanya sejak cedera berkepanjangan pada 2020.

Sang pebalap tim Repsol Honda akan berupaya mengobati frustasi yang ia dapatkan setelah terjatuh di Italia pekan lalu, dan belum berhasilnya ia menyelesaikan satu balapan Grand Prix pun pada musim ini.

Mugello terbukti sangat berat ditaklukkan oleh Marquez, yang kini mengalihkan fokusnya dari salah satu sirkuit tercepat di kalender ke salah satu yang paling lambat dan teknis di saaat Honda terus berbenah meningkatkan performa motor mereka.

"Ketika Anda menjalani akhir pekan yang sulit, hal terbaik yang bisa terjadi adalah langsung balapan lagi," kata Marquez dikutip laman resmi tim.

"Kami tiba di Sachsenring, trek yang sangat saya sukai dan banyak kesuksesan di sana. Tentunya, saya ingin tampil baik, fokus dan determinasi 100 persen seperti biasanya.