KPU OKU Sumsel akhiri pendaftaran bacaleg

id Pemilu 2024, bakal calon legislatif, pendaftaran bacaleg, DPRD OKU, Komisi Pemilihan Umum

KPU OKU Sumsel akhiri pendaftaran bacaleg

Ketua KPU Kabupaten OKU Naning Wijaya. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan resmi menutup pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) pada Pemilu tahun 2024.

"Per 14 Mei 2023 pukul 23.59 WIB pendaftaran bacaleg resmi kami tutup," kata Ketua KPU Kabupaten OKU Naning Wijaya di Baturaja, Senin.

Dia mengatakan sejak pendaftaran dibuka pada 1 Mei 2023 pukul 08.30 WIB tercatat sebanyak 18 partai politik (parpol) yang telah mendaftarkan bacalegnya.

Setelah pendaftaran ini, pihaknya langsung melaksanakan verifikasi administrasi yang dimulai pada 17 Mei 2023 sampai dengan 23 Juni 2023.

Setelah itu, kata dia, pihaknya akan menyampaikan partai mana saja yang bacalegnya belum memenuhi persyaratan.

“Kami langsung melakukan verifikasi administrasi sesuai dengan jadwal, setelah itu akan kami sampaikan partai mana saja yang bacalegnya yang belum memenuhi persyaratan,” katanya.

Sementara terkait adanya anggota DPRD OKU yang loncat partai saat Pileg 2024, dia menegaskan mereka wajib mundur dari jabatannya sebagai wakil rakyat di daerah itu.

“Salah satu persyaratan yang wajib dilampirkan bacaleg adalah mereka wajib melampirkan surat pengunduran dirinya dari parpol lama," ujarnya.

Selain itu, saat terdaftar di daftar calon tetap (DCT) nanti mereka mesti sudah mengantongi surat pengunduran diri dari parpol lama tersebut.