Dolar terjebak, pedagang menilai prospek Fed sebelum data inflasi

id dolar AS,indeks dolar,sesi Asia,komentar Powell,pejabat Fed,data inflasi

Dolar terjebak, pedagang menilai prospek Fed sebelum data inflasi

Arsip foto - Seorang pegawai Tiongkok menghitung uang kertas dolar AS di atas uang kertas yuan RMB (renminbi) di sebuah bank di Kota Hai'an, Provinsi Jiangsu, Tiongkok timur, 6 Agustus 2019. ANTARA/Oriental Image via Reuters Connect-Xu jingbai/pri.

Singapura (ANTARA) - Dolar AS melayang di dekat tengah kisaran baru-baru ini terhadap mata uang utama lainnya di sesi Asia pada Kamis sore, karena investor mencerna komentar dari sejumlah pejabat Federal Reserve, sementara data inflasi konsumen yang penting akan muncul minggu depan.

Sementara itu, dolar Australia yang sensitif terhadap risiko menguat dengan latar belakang keuntungan ekuitas berjangka AS dan Bank Sentral Australia (RBA) yang lebih hawkish. Dolar Selandia Baru juga menguat.

Bergerak ke suku bunga dana federal antara 5,00 persen dan 5,25 persen "tampaknya pandangan yang sangat masuk akal tentang apa yang perlu kita lakukan tahun ini untuk menurunkan ketidakseimbangan penawaran dan permintaan," kata Presiden Fed New York John Williams dalam sebuah acara Wall Street Journal.

Komentar Williams mengikuti sikap Ketua Jerome Powell dengan prospek suku bunganya pada Selasa (7/2/2023), ketika dia menegaskan kembali bahwa proses "disinflasi" sedang berlangsung.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang utama saingannya, tergelincir 0,13 persen menjadi 103,32, menjauh dari tertinggi satu bulan di 103,96 yang disentuhnya pada Selasa (7/2/2023) di puncak reli setelah laporan pekerjaan yang lebih kuat dari perkiraan pada Jumat (3/2/2023).

Pada saat yang sama, 103 telah memberikan pijakan yang kokoh sepanjang pekan.

Data ketenagakerjaan awalnya meningkatkan ekspektasi bahwa Fed mungkin kembali ke sikap kebijakan moneter yang agresif, tetapi Powell tidak bersandar seperti itu dalam pidatonya.

Investor akan mengamati dengan cermat data inflasi harga konsumen pada Selasa (14/2/2023) untuk petunjuk tambahan tentang prospek kebijakan.

Ahli strategi mata uang OCBC Christopher Wong mengatakan laju rebound dolar menunjukkan tanda-tanda tentatif moderasi tetapi mata uang itu masih agak didukung oleh pernyataan Fed bahwa kenaikan suku bunga akan berlanjut.

"Di satu sisi komentar Powell di Economic Club of Washington malam sebelumnya kurang hawkish tetapi di sisi lain, pejabat Fed seperti Williams (dan Gubernur Fed) Lisa Cook mengambil kesempatan untuk memunculkan retorika hawkish," kata Wong.

Perkiraan pasar mengantisipasi suku bunga dana Fed yang memuncak tepat di atas 5,1 persen pada Juli, kemudian turun pada akhir tahun menjadi 4,8 persen.

Euro naik 0,18 persen menjadi 1,07325 dolar, menjauh dari level terendah satu bulan di 1,067 dolar yang disentuhnya pada Selasa (7/2/2023), karena terus mendapatkan dukungan dari komentar hawkish Rabu (8/2/2023) dari dua pejabat Jerman di Bank Sentral Eropa (ECB).

"Dari posisi saya hari ini, kami membutuhkan kenaikan suku bunga lebih lanjut yang signifikan," kata ketua bank sentral Jerman Joachim Nagel kepada surat kabar Boersen-Zeitung pada Selasa (7/2/2023).

Rekannya Isabel Schnabel mengatakan belum jelas bahwa kenaikan suku bunga ECB sejauh ini akan membawa inflasi kembali ke 2,0 persen.

Yen Jepang datar di 131,455 per dolar, sementara sterling terakhir diperdagangkan naik 0,1 persen di 1,2087 dolar.

Dolar Australia naik 0,49 persen menjadi 0,6958 dolar AS, sedangkan kiwi naik 0,66 persen menjadi 0,63485 dolar AS.