Banjir bandang landa Padang

id Bpbd,Padang,Sumbar,Bencana,Banjir,Banjir bandang,Sungai Batu Busuk Padang meluap,Sungai Batu Busuk meluap sebabkan banji

Banjir bandang landa Padang

Petugas dari Basarnas Padang memberikan penanganan dan pertolongan di Batu Busuak, Lambung Bukit, Pauh, Padang, Senin (23/1) malam. ANTARA/HO-BASARNASPadang

Padang (ANTARA) - Aliran Sungai Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukit, Pauh, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) meluap akibat hujan mengguyur daerah setempat sejak Senin sekitar pukul 15.00 WIB.


 Akibatnya luapan air tersebut menggenangi pemukiman warga yang berada di pinggiran sungai, serta areal sawah dan ladang warga.

"Sungai meluap akibat hujan yang mengguyur sejak Senin sore, saat ini tim sudah di lokasi untuk membantu penanganan warga," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Endrizal di Padang, Senin malam.

Ia mengatakan luapan air sungai yang menyebabkan banjir bandang itu mulai terjadi menjelang Maghrib sekitar pukul 18.00 WIB.

Akibatnya air menggenangi seratus lebih rumah warga yang berada di pinggiran Sungai serta bisa membahayakan keselamatan.

"Tim di lapangan terus memantau perkembangan dan bersiaga di lokasi untuk memberikan penanganan bagi warga yang butuh pertolongan," katanya.

Ia menyebutkan sedikitnya ada 20 lebih personel yang dikerahkan ke lokasi beserta alat bantu dan evakuasi seperti perahu karet.

"Jika kondisi genangannya terus meningkat dan tambah tinggi pada malam ini, petugas akan membantu proses evakuasi warga," jelasnya.

Endrizal mengatakan, hingga pukul 22.30 WIB pihaknya belum menerima ada laporan korban jiwa dalam kejadian.

Pada bagian lain selain BPBD Padang, Kantor Pencarian dan Pertolongan atau biasa disebut Basarnas Padang juga ikut mengerahkan personel ke lokasi untuk membantu penanganan bencana dan evakuasi.

Sampai pukul 23.00 WIB petugas masih berada di lokasi karena hujan masih mengguyur di kota setempat. ***3***
 
Pewarta :
Editor: Syarif Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2023