Publik figur sambut baik Visa Kunjungan Beberapa kali Perjalanan

id Alexandra Gottardo,Imigrasi,visa kunjungan,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Publik figur sambut baik Visa Kunjungan Beberapa kali Perjalanan

Aktris Alexandra Gottardo saat dijumpai dalam konferensi pers Film “Hanum & Rangga” di Jakarta, Selasa (6/11/2018). (ANTARA News/Anggarini Paramita)

Jakarta (ANTARA) - Publik figur kelahiran Malang yang juga diaspora Indonesia Alexandra Gottardo menyambut baik pemberlakuan kembali kebijakan visa kunjungan beberapa kali perjalanan (VKBP) oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

"Beberapa kebijakan imigrasi yang terbaru sangat bagus karena mendukung peningkatan sektor pariwisata dan industri perfilman internasional, khususnya di Batam," kata Alexandra Gottardo melalui keterangan tertulis Ditjen Imigrasi Kemenkumham yang diterima di Jakarta, Selasa.

Alexandra Gottardo menilai pemberlakuan kembali VKBP membuka peluang pebisnis maupun calon investor dari luar negeri untuk melakukan peninjauan, serta pertemuan dalam rangka menjajaki potensi investasi di Indonesia.

Tidak hanya itu, melalui kebijakan e-VoA warga negara asing (WNA) jadi lebih mudah untuk mengajukan visa pada saat kedatangan (apply visa on arrival) karena hanya cukup lewat gawai saja.

Kebijakan second home visa yang baru-baru ini diperkenalkan melalui coaching clinic di Kawasan Nongsa, Batam, menurut dia, juga memberikan kemudahan bagi WNA menengah ke atas untuk bisa tinggal lama di Indonesia, termasuk mengembangkan bisnis. Hal ini berpeluang membuka lapangan kerja.

Alexandra juga mengapresiasi penyederhanaan pengurusan izin tinggal yang kini menjadi 1 hari hingga 3 hari kerja.

Menurut dia, pengurusan administrasi yang minim hambatan meringankan investor asing yang sudah senior dan telah tinggal di Indonesia selama puluhan tahun.

"Saya lihat juga program masa berlaku paspor 10 tahun sangat disukai masyarakat, baik yang berada di dalam maupun di luar negeri," kata dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Widodo Ekatjahjana optimistis kebijakan-kebijakan dan layanan strategis imigrasi di bidang visa maupun izin tinggal berkontribusi signifikan untuk peningkatan pendapatan negara.

"Dukungan dan sinergitas kebijakan sektoral dengan berbagai kementerian dan lembaga, termasuk pelaku bisnis di dalam dan luar negeri, sangat kita harapkan," ujarnya.

Widodo Ekatjahjana berharap upaya menarik investor, wisatawan-wisatawan bonafide, dan pebisnis global ke dalam negeri bisa berjalan optimal sehingga memacu pertumbuhan ekonomi nasional.