Satria Muda kandaskan Dewa United

id Satria Muda Pertamina,ibl 2022,basket indonesia

Satria Muda kandaskan Dewa United

Pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Juan Laurent Kokodiputra beraksi dalam laga semifinal IBL Indonesia Cup 2022 melawan Dewa United Surabaya di Sritex Arena Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/11/2022). (ANTARA/HO-IBL)

Jakarta (ANTARA) - Satria Muda Pertamina Jakarta mengandaskan Dewa United Surabaya untuk menuju final IBL Indonesia Cup 2022 setelah menang 78-67 dalam laga semifinal di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Buruknya akurasi lemparan bebas Dewa United, yang hanya memanfaatkan sembilan dari 25 kesempatan, harus dibayar mahal sebab kekalahan mereka di gim ini cuma berjarak 11 poin atau seharus bisa ditutup apabila mereka lebih baik dalam mengonversi tembakan gratis.

Statistik situs resmi IBL juga mencatat akurasi tripoin jadi pembeda kedua tim, di mana Dewa United hanya mencapai 21 persen dengan mengonversi enam dari 28 percobaan luar busur, sedangkan Satria Muda mendapatkan angka 10 kali dari 28 percobaan tripoin.

Hardianus Lakudu memimpin kemenangan Satria Muda lewat 15 poin yang dicetaknya, diikuti sumbangan masing-masing 13 poin dari Avan Seputra dan Widyanta Putra Teja, serta 12 poin milik Antoni Erga.

Sementara di kubu Dewa United Ferdian Dwi Purwoko mengemas 16 poin, Dio Tirta Saputra mencetak 13 poin, dan Kevin Moses Poetiray mencapai dwiganda lewat 11 poin serta 10 rebound.

Satria Muda segera tancap gas sejak tepis mula dan meraup 12 poin beruntun tanpa balas dalam empat menit pertama pertandingan.

Dewa United baru bisa mencetak poin perdana mereka lewat tembakan gratis Ferdian pada sisa waktu lima menit 42 detik kuarter pertama, sebelum periode itu ditutup oleh Satria Muda yang memegang keunggulan meyakinkan 22-12.

Permainan Dewa United sedikit membaik pada kuarter kedua di mana mereka memperoleh 18 poin tambahan, tapi Satria Muda menjawabnya dengan 22 poin demi memantapkan keunggulan 44-30 saat paruh pertama pertandingan berakhir.

Marjin 14 poin membuat Satria Muda memasuki kuarter ketiga dengan ketenangan. Anak-anak asuh Youbel Sondakh melanjutkan akurasi tembakan mereka sembari menjaga pertahanan untuk kian menjauh 64-44 atas Dewa United saat menutup kuarter ketiga.

Dewa United berjibaku menciptakan keajaiban pada kuarter ketiga, di mana mereka bisa meraup 23 poin tambahan, tapi 14 poin yang diperoleh Hardianus cs cukup untuk mengunci kemenangan Satria Muda 78-67 sekaligus langkah mereka ke final.

Di final, Satria Muda sudah ditunggu Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang berhasil menyisihkan Prawira Harum Bandung di semifinal lain lebih awal. Pertemuan Minggu (13/11) esok tak ubahnya jadi ulangan partai final IBL 2022 pada Agustus lalu.