Baznas OKU Timur luncurkan Program Balai Ternak

id Badan Amil Zakat Nasional, peternak OKU Timur, pemberdayaan masyarakat, usaha sektor peternakan.,baznas oku

Baznas OKU Timur luncurkan  Program Balai Ternak

Logo Badan Amil Zakat Nasional. (ANTARA/HO/22)

Martapura, Sumsel (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan meluncurkan Program Balai Ternak guna meningkatkan pendapatan peternak mustahik di daerah itu.

Ketua Baznas OKU Timur, HM Imam Muarif di Martapura, Rabu menjelaskan bahwa program ini diluncurkan untuk memberdayakan ekonomi mustahik dalam sektor peternakan agar para peternak dapat hidup sejahtera.

Dia menjelaskan, program balai ternak merupakan respon atas kebutuhan percepatan mewujudkan kemandirian masyarakat miskin di pedesaan dan potensi pengembangan usaha peternakan yang potensial.

Pada peluncuran  program balai ternak ini, Baznas OKU Timur memberikan bantuan sebanyak 10 ekor kambing kepada kelompok peternak Tebing Sari Mulya, Kecamatan Belitang Madang Raya.

"Selain itu kami juga memberikan biaya pembuatan kandang satu atap," katanya.

Kegiatan pengembangan usaha dalam sektor peternakan kambing ini dilakukan melalui beberapa tahap antara lain peningkatan produksi ternak melalui perbanyakan bibit atau indukan yang produktif, penerapan bioteknologi pakan dan reproduksi untuk mendukung sentra pembibitan ternak serta usaha pengembangan ternak di area perkebunan.

Konsep pembiakan yang dijalankan tersebut untuk meningkatkan populasi dan menjaga stabilitas suplai ternak di wilayah OKU Timur.

Selain itu, lanjut dia, program balai ternak ini juga melakukan langkah penggemukan untuk memberikan pendapatan rutin dalam kurun waktu tertentu kepada peternak agar tercapai kemandirian ekonomi.

"Melalui Program Balai Ternak Baznas OKU Timur ini diharapkan agar para kelompok unggas dapat memberikan dampak ekonomi bagi para mustahik sehingga peternak bisa mandiri dan berdaya," demikian Imam Muarif.