Warga enam desa di OKU nikmati akses internet gratis

id Akses internet, jaringan internet gratis, enam desa di OKU, bantuan Provinsi Sumsel, Diskominfo OKU

Warga enam desa di OKU nikmati akses internet gratis

Kepala Diskominfo Ogan Komering Ulu (OKU), Priyatno Darmadi. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - Warga enam desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, saat ini sudah dapat menikmati akses internet yang disediakan pemerintah secara gratis untuk mendukung transformasi digital di daerah itu. Kepala Diskominfo Ogan Komering Ulu (OKU), Priyatno Darmadi di Baturaja, OKU, Jumat menjelaskan bahwa program bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumsel ini mulai diluncurkan di wilayahnya pada April 2022.

"Akses internet di OKU dibangun sejak April 2022 dan kini sudah dinikmati ribuan warga di enam desa," katanya.

Adapun enam desa yang mendapat bantuan internet gratis meliputi Desa Saung Naga, Kecamatan Peninjauan; Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Baturaja Timur; Desa Sukamaju, Kecamatan Baturaja Barat; Desa Marga Bhakti, Kecamatan Sinar Peninjauan; dan dua desa lainnya di Kecamatan Muara Jaya yaitu Desa Muara Saeh serta Desa Beringin.

Dia menjelaskan dipilihnya pembangunan internet di enam desa tersebut karena wilayah-wilayah ini masuk titik blank spot atau tidak ada akses internetnya.

Oleh sebab itu, perluasan jaringan internet perlu dilakukan hingga pelosok desa untuk memudahkan masyarakat memanfaatkan perkembangan teknologi di era digital.

Sebab internet menjadi salah satu yang digunakan dalam hal penyebaran informasi di Kabupaten OKU sehingga pihaknya melakukan perluasan jaringan agar penyebaran informasi bisa berlangsung secara merata pada 2022.

Ia menyampaikan perluasan akses internet akan dirancang agar bisa sampai ke desa-desa dengan menggunakan teknologi fiber optik yang bisa tahan dalam berbagai kondisi cuaca.

"Dalam program ini Kabupaten OKU mendapat dukungan dari Pemprov Sumsel melalui dana Bangub yang dialokasikan pada tahun ini sebesar Rp450 juta," ujarnya.