Muba implementasikan Identitas Kependudukan Digital ke ASN

id ktp,ktp elektronik,digital,digitalisasi,musi banyuasin

Muba implementasikan Identitas Kependudukan Digital ke ASN

Warga menunjukkan KTP Elektronik digital melalui gawainya di Disdukcapil Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Jumat (1/7/2022). (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, mengimplementasikan Identitas Kependudukan Digital ke Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai dengan instruksi Kementerian Dalam Negeri.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Dukcapil Muba Muhammad Salim di Sekayu, Selasa mengatakan, Identitas Kependudukan Digital (IKD) sebagai pengganti KTP elektronik untuk tahap awal diterapkan ke ASN.

Pada awal Agustus 2022 telah dilakukan instalasi dan aktivasi IKD ke seluruh pegawai ASN dan tenaga kontrak di lingkungan Pemkab Muba.

Program ini sesuai dengan Permendagri No 72 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak dan Blanko KTP Elektronik.

“Setelah pegawai OPD, akan dilanjutkan dengan pegawai di pemerintahan desa dan masyarakat umum yang ditargetkan selesai pada September 2022,” kata dia.

Pembuatan identitas kependudukan digital ini tak lain sebagai pengganti dokumen kependudukan bentuk fisik khususnya e-KTP yang akan mempermudah dan mempercepat masyarakat dalam bertransaksi pelayanan dalam bentuk digital.

Melalui sistem digital tersebut maka dokumen pribadi seperti KTP, Kartu Keluarga, Vaksin, NPWP berada dalam satu aplikasi.

Namun KTP elektronik tetap bisa digunakan khususnya bagi masyarakat yang belum memiliki smartphone atau terkendala sinyal telekomunikasi atau daerah 3T (terdepan, tertinggal, terpencil).

Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP mengatakan aplikasi IKD ini sudah ditunggu-tunggu kehadirannya oleh masyarakat.

Dalam segi keamanan aplikasi IKD ini dilengkapi dengan fitur pencegahan tangkap layar, sehingga meminimalisir penyalahgunaan informasi.

Selain itu, kode QR yang dibagikan juga selalu berubah-ubah sehingga lebih aman, kata dia.