Jokowi kenakan baju adat Babel motif pucuk rebung saat hadiri Sidang MPR

id presiden jokowi,jokowi,sidang mpr,jokowi kenakan baju adat babel,adat babel,sidang tahunan mpr-ri,ketua mpr

Jokowi kenakan baju adat Babel motif pucuk rebung saat hadiri Sidang MPR

Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Bangka Belitung didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Gedung Nusantara saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2022). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden-Laily Rachev/pri. (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden-Laily Rachev)

Berdasarkan informasi yang dibagikan Biro Pers Sekretariat Presiden, motif pucuk rebung melambangkan kerukunan, sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Bangka Belitung warna hijau bermotif pucuk rebung saat menghadiri Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Jakarta, Selasa.

Berdasarkan informasi yang dibagikan Biro Pers Sekretariat Presiden, motif pucuk rebung melambangkan kerukunan, sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Presiden tiba di kompleks parlemen sekitar pukul 09.00 WIB didampingi istri Iriana Joko Widodo.

Ibu Negara hadir mengenakan kebaya berwarna pink lengkap dengan hijab berwarna senada serta dilengkapi dengan kain batik berwarna cokelat.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin beserta Istri tiba lebih dulu sekitar pukul 08.48 WIB. Tampak Wapres hadir mengenakan pakaian adat Solo dengan blankon, sementara Wury Ma’ruf Amin mengenakan kebaya berwarna hijau.
 
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri Sidang Tahunan 2022 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 RI di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Jakarta pada Selasa. (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Wapres memilih pakaian atas berupa setelan Sikepan hitam dipadu dalaman putih dengan hiasan rantai arloji di dada menemani lambang kepresidenan, serta memakai Blangkon Trepes rata bagian belakang. Adapun untuk bawahan, Wapres memakai kain jarik batik cokelat motif Sidomukti dan selop berwarna emas.

Sementara itu, Wury Ma’ruf Amin tampak mengenakan kebaya kartini bernuansa hijau dipadu dengan kerudung berwarna senada, yang dipasangkan dengan bawahan kain batik dan selendang berwarna gelap.

Kehadiran Presiden Jokowi di kompleks parlemen untuk menghadiri Sidang Tahunan MPR-RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 serta Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023.

Presiden diagendakan menyampaikan pidato kenegaraan serta pengantar RAPBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangan.

Kegiatan di kompleks parlemen ini merupakan rangkaian perayaan HUT ke-77 RI, 17 Agustus 2022. Kegiatan ini dapat disaksikan melalui tayangan langsung di kanal Youtube DPR RI dan Sekretariat Presiden.
Baca juga: Puan Maharani kenakan kain batik tulis bermotif Semen Rama