255.191 warga OKU sudah divaksin COVID-19

id Vaksin COVID-19, cakupan vaksinasi, jemput bola ke desa-desa, tenaga kesehatan, Dinas Kesehatan OKU

255.191 warga OKU sudah divaksin COVID-19

Seorang warga Kabupaten OKU divaksin COVID-19. (ANTARA/Edo Purmana/Arsip)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 255.191 orang warga Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) sudah mendapat vaksin COVID-19 dosis pertama atau mendekati 100 persen dari 269.955 orang target sasaran.

"Persentase capaian vaksinasi dosis pertama di OKU sudah di atas angka 95 persen," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan OKU Andi Prapto di Baturaja, Kamis.

Dia mengatakan warga yang sudah divaksin tersebut mulai dari petugas kesehatan, petugas publik hingga masyarakat rentan dan lanjut usia, serta kalangan remaja.

Menurut Andi capaian tersebut melebih target nasional yang ditetapkan pemerintah untuk setiap kabupaten/kota yaitu hanya sebesar 70 persen untuk dosis pertama dan kedua.

"Untuk realisasi cakupan vaksinasi dosis kedua saat ini lebih dari 78 persen atau sebanyak 210.561 jiwa yang sudah divaksin lengkap," jelasnya.

Hanya saja, Andi mengaku untuk capaian vaksin penguat saat ini masih tergolong rendah yaitu baru sebanyak 37.699 orang warga yang sudah divaksin dosis ketiga atau sekitar 14 persen dari target sasaran.

Oleh sebab itu saat ini pihaknya menggencarkan vaksinasi penguat melalui upaya jemput bola yang menyasar pada masyarakat, khususnya lansia hingga pelosok desa.

Dalam upaya jemput bola ini, lanjut dia, Dinas Kesehatan OKU mengerahkan lebih dari 100 orang tenaga kesehatan yang tersebar di 18 puskesmas agar program tersebut berjalan maksimal.

"Upaya ini dilakukan agar Kabupaten OKU benar-benar bebas dari penyebaran COVID-19," kata Andi, lalu menambahkan jumlah kasus positif COVID-19 aktif di daerahnya saat ini berjumlah dua orang pasien yang masih menjalani perawatan di RSMH Palembang.