Diskannak OKU siapkan vaksinasi ternak antisipasi PMK

id Dosis vaksin, vaksin hewan ternak, penyakit mulut dan kuku, Diskannak OKU

Diskannak OKU siapkan vaksinasi ternak antisipasi PMK

Petugas Diskannak OKU memeriksa kesehatan hewan ternak untuk mengantisipasi PMK. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyiapkan vaksinasi untuk hewan ternak guna mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) di daerah setempat.

"Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan suntik vaksin hewan ternak di wilayah Kabupaten OKU," kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Ogan Komering Ulu (OKU) Tri Aprianingsih di Baturaja, Kamis.

Baca juga: Ratusan sapi di Batam diduga mengidap penyakit mata dan kuku

Dia menjelaskan vaksin dosis tahap pertama ini disiapkan oleh pemerintah pusat guna pencegahan penularan PMK pada hewan ternak di daerah itu.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan menerima sebanyak 500 dosis vaksin yang diperuntukkan hewan ternak berkuku, seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba.

Pemberian vaksin tersebut difokuskan pada hewan ternak yang sehat dan berumur dua minggu agar terhindar dari penyebaran PMK.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin siapkan strategi atasi kenaikan harga kurban akibat PMK

"Pemberian vaksin tahap pertama ini juga ditujukan pada sapi betina produktif," ujarnya.

Sebagai langkah pencegahan, pihaknya juga melakukan upaya pendekatan kepada seluruh peternak untuk senantiasa menjaga kesehatan hewan ternak mereka sekaligus merawat kandang agar tetap bersih.

"Hal tersebut dilakukan agar seluruh hewan ternak di OKU tetap sehat dan tidak mengidap PMK seperti sekarang ini," ujarnya.