Jamaah calon haji bisa menggunakan layanan kursi roda di kompleks Masjidil Haram

id layanan kursi roda masjidil haram,pelayanan haji,haji 2022,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Jamaah calon haji bisa menggunakan layanan kursi roda di kompleks Masjidil Haram

Anggota jamaah haji menggunakan layanan kursi roda di Masjidil Haram, Kota Mekkah, Arab Saudi. (ANTARA/HO MCH Kemenag 2022)

Mekkah (ANTARA) - Jamaah haji yang kelelahan atau punya keterbatasan bisa menggunakan layanan kursi roda resmi yang disediakan di kompleks Masjidil Haram di Kota Mekkah, Arab Saudi.

Pada Kamis, petugas berseragam yang mengenakan topi dan rompi hijau dengan nomor dan identitas pada bagian punggung dan dada kiri siaga di kompleks masjid untuk melayani jamaah yang membutuhkan kursi roda untuk melaksanakan tawaf--berjalan mengelilingi ka'bah tujuh kali-- dan sai--berjalan dan berlari kecil dari Safa ke Marwa tujuh kali.

Baca juga: Dokter: Jamaah calon haji jangan abaikan hipertensi bisa memicu jantung

Petugas layanan kursi roda antara lain menunggu jamaah di dekat bukit Safa dan area tawaf di lantai dua Masjidil Haram.

Selain itu, layanan kursi roda tersedia di terminal Syib Amir, Jiad, dan Bab Ali setelah waktu Ashar sampai malam hari. 

Baca juga: Daker Mekah: Jamaah calon haji perlu ingat nomor bus shalawat

Di tempat pelayanan kursi roda, ada petugas haji Indonesia dari Sektor Khusus Masjdil Haram yang siaga 24 jam untuk membantu jamaah.

Petugas haji Indonesia akan mendata jamaah dan membantu menghubungkan jamaah dengan penyedia layanan kursi roda yang resmi.

Baca juga: Jadwal lempar jumrah jamaah calon haji Indonesia dibagi dua

Biaya layanan kursi roda berkisar 200 riyal untuk tawaf dan sai. Layanan kursi roda untuk sai ongkosnya sekitar 50 sampai 75 riyal sedangkan layanan kursi roda untuk tawaf kisarannya 100 sampai 120 riyal. Ada juga tawaran paket layanan kursi roda untuk tawaf dan sai sekaligus dengan biaya 175 sampai 200 riyal.

Baca juga: Calon haji asal Indonesia meninggal di Tanah Suci bertambah menjadi enam orang

Jamaah sebaiknya meminta bantuan petugas haji Indonesia jika hendak menggunakan layanan pendorong kursi roda agar terhindar dari praktik percaloan, yang membuat mereka harus membayar lebih mahal.

Selain itu, jamaah bisa berurusan dengan petugas keamanan jika ketahuan menggunakan jasa pendorong kursi roda yang tidak resmi.