Kemenag Sumsel bagi sembilan kloter berangkatkan 3.183 JCH

id smb 2, kemenag sumsel, kloter, berangkatkan jch, kloter JCH, kelompok terbang, musim haji, ma,Kemenag Sumsel bagi sembi

Kemenag Sumsel bagi sembilan  kloter berangkatkan 3.183 JCH

Suasana penumpang di terminal keberangkatan Bandara SMB II Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Petugas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan pada masa haji 1443 Hijriah/2022 ini membagi menjadi sembilan kelompok terbang (kloter) untuk memberangkatkan 3.183 jamaah calon haji (JCH) asal provinsi setempat.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumsel Syafitri Irwan, di Palembang, Senin, mengatakan, untuk memberangkatkan ribuan JCH serta dua pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dan 16 petugas haji daerah dijadwalkan pada gelombang kedua antara 19 Juni - 3 Juli 2022.

Selain JCH asal Sumsel, pihaknya juga memfasilitasi pemberangkatan 486 jamaah calon haji dari Provinsi Bangka Belitung.

Seluruh JCH dari Sumsel dan Bangka Belitung yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi sehari sebelumnya diinapkan di asrama haji Palembang.

Untuk menyiapkan penginapan calon haji tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan manajemen asrama haji
dan mereka menyiapkan 278 kamar, katanya.

Dia menjelaskan bahwa tahun ini untuk pertama kalinya pemerintah Indonesia memberangkatkan JCH ke Tanah Suci setelah dua tahun menghentikan sementara pemberangkatan jamaah haji akibat pandemi COVID-19.

Sesuai dengan alokasi kuota yang ditetapkan pusat, tahun ini Sumsel mendapat jatah memberangkatkan 3.183 orang berhaji ke Tanah Suci.

Kuota haji itu diperuntukkan bagi masyarakat 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan, namun sebagian besar untuk Kota Palembang.

Untuk memberangkatkan JCH ke Tanah Suci, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan seperti dokumen perjalanan haji jamaah, memastikan semua anggota jamaah mendapat vaksinasi COVID-19 dan vaksinasi lain yang dipersyaratkan, serta menyelenggarakan pelatihan manasik haji.

"Dengan persiapan maksimal, diharapkan JCH yang diberangkatkan melalui embarkasi dan debarkasi haji Palembang bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi, dengan baik serta dalam kondisi sehat hingga kembali lagi ke Tanah Air dengan selamat serta menjadi haji mabrur," kata Kakanwil Syafitri.