BMKG: Sumsel diperkirakan berawan hingga hujan lebat

id BMKG,BMKG Palembang,cuaca,cuaca palembang,hujan,hujan lebat,berawan

BMKG: Sumsel diperkirakan berawan hingga hujan lebat

Pengendara melintas di atas Jembatan Musi IV dengan latar belakang awan hitam yang menyelimuti langit Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (21/1/2020). (ANTARA/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Sumatera Selatan mengalami cuaca berawan hingga hujan lebat, Senin.

Rilis pers diterima Antara, pada pagi hari diperkirakan cuaca berawan hingga potensi hujan ringan – sedang di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI) bagian Selatan, Banyuasin bagian timur, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Lahat, Muara Enim dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

Sedangkan pada siang hingga sore hari cuaca berawan hingga potensi hujan sedang - lebat di wilayah OKI, Banyuasin, OKU, Muara Enim dan Lahat.

Sedangkan potensi hujan ringan pada siang hingga sore hari terjadi di wilayah Musi Banyuasin, Palembang, Prabumulih, Ogan Ilir, OKU Timur, OKU Selatan, Pagar Alam, Empat Lawang dan Lubuk Linggau.

Pada malam hari diperkirakan cuaca berawan hingga potensi hujan sedang - lebat di wilayah Musi Banyuasin, Musi Rawas dan OKU Timur. Adapun, potensi hujan ringan terjadi di wilayah OKI, Ogan Ilir, Musi Rawas Utara, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan Muara Enim.

Sedangkan pada dini hari diperkirakan cuaca cerah berawan, potensi kabut, potensi hujan ringan – sedang di wilayah Musi Banyuasin, Muara Enim, Ogan Ilir, Banyuasin dan Palembang.

Suhu udara untuk wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI yakni 23 – 32 °C dengan kelembapan udara 65 persen - 98 persen.

Suhu udara wilayah Sumsel untuk dataran tinggi sekitar Pagaralam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 19 – 31 °C dengan kelembapan udara 65 persen - 100 persen.

Angin dari Barat – Timur Laut dengan kecepatan 05 - 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan diperkirakan 0.5 – 1.25 m dengan cuaca hujan ringan. Arah angin dari Barat – Utara dengan kecepatan 5 – 28 km/jam.

Terkait kondisi cuaca ini, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk warga Sumsel supaya mewaspadai potensi hujan sedang - lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pagi hingga sore hari di OKI, Banyuasin, OKU, Muara Enim, Lahat dan Musi Rawas.

Sedangkan pada malam hingga dini hari di wilayah Musi Banyuasin, Banyuasin, Musi Rawas dan OKU Timur.