Dolar dekati tertinggi 1 minggu karena ekspektasi Fed yang "hawkish"

id dollar as,mata uang dunia,ekonomi dunia,berita sumsel, berita palembang

Dolar dekati tertinggi 1 minggu karena ekspektasi Fed yang "hawkish"

Dolar Amerika Serikat. (REUTERS/Gary Cameron)

Tokyo, (ANTARA) - Dolar AS diperdagangkan mendekati level tertinggi satu minggu versus sekeranjang rival utamanya di sesi Asia pada Selasa pagi, didukung oleh ekspektasi pertemuan Federal Reserve yang hawkish minggu ini dan permintaan safe haven di tengah berlanjutnya ketidakpastian tentang varian Omicron.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang itu terhadap enam mata uang saingannya, sedikit berubah pada 96,416, setelah menyentuh 96,450 pada Senin (13/12/2021) untuk pertama kalinya sejak 7 Desember.

Pertemuan dua hari The Fed yang dimulai Selasa malam menjadi berita utama serangkaian bank sentral yang akan mengumumkan keputusan kebijakan mereka minggu ini, termasuk Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Inggris pada Kamis (16/12/2021) serta Bank Sentral Jepang pada Jumat (17/12/2021).

Bank sentral AS akan mengumumkan untuk mengakhiri stimulus pembelian obligasi lebih cepat dari yang dikomunikasikan sebelumnya, berpotensi menyiapkan kenaikan suku bunga lebih awal tahun depan.

Pasar uang saat ini memperkirakan untuk kenaikan suku bunga pada Juni, dengan yang lain pada awal November.

"Itu meninggalkan rintangan yang sangat tinggi bagi The Fed untuk memberikan 'kejutan hawkish'," tulis ahli strategi Westpac dalam catatan klien.

"Tetapi bahkan jika Fed hanya memenuhi ekspektasi yang tinggi, mereka masih berada di depan ECB, yang mencari cara untuk mempertahankan kebijakan akomodasi" setelah Program Pembelian Darurat Pandemi (PEPP) akan berakhir pada Maret.

Meskipun kenaikan indeks dolar telah melambat baru-baru ini, mundurnya dolar ke level pertengahan 95 adalah saat untuk membeli, kata ahli strategi.

Jajak pendapat Reuters dari pengamat ECB menemukan ECB akan mengurangi separuh jumlah aset yang dibelinya setiap bulan mulai April.

Euro hampir datar di 1,12835 dolar AS setelah menyentuh level terendah satu minggu di 1,12605 dolar AS semalam.

Sterling sedikit berubah di 1,3210 dolar AS, berkelok-kelok selama seminggu terakhir di dekat level terendah satu tahun di 1,31615 dolar AS yang dicapai minggu lalu.

Inggris melaporkan kematian pertama yang dikonfirmasi secara global dari Omicron, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan pada Senin (13/12/2021), sehari setelah ia memperingatkan "gelombang pasang" infeksi dari varian baru.

Ilmuwan Inggris mengumumkan temuan bahwa dua dosis vaksin COVID-19 saat ini tidak cukup menginduksi antibodi penetralisir terhadap Omicron.

Sementara itu, China daratan mendeteksi kasus pertama infeksi Omicron, kata media pemerintah, Senin (13/12/2021).

Dolar berpindah tangan pada 113,545 yen, tempat berlindung yang aman lainnya, berkonsolidasi di ujung atas kisaran perdagangan pasangan bulan ini.

Dolar Australia yang sensitif terhadap risiko turun 0,2 persen menjadi 0,71215 dolar AS, merayap kembali ke level terendah satu minggu Senin (13/12/2021) di 0,7111 dolar AS.

Mata uang kripto terkemuka bitcoin naik sekitar 1,0 persen menjadi 47.211 dolar AS, terangkat dari level terendah Senin (13/12/2021) di 45.750 dolar AS, level yang tidak terlihat sejak 4 Desember, ketika token digital itu jatuh di bawah 42.000 dolar AS untuk pertama kalinya sejak September.