Polda Sumsel gandeng OKI Pulp bantu kebutuhan oksigen RS COVID-19

id bantuan oksigen untuk umah sakit rujukan covid-19, kebutuhan oksigen rs rujukan covid-19 di Sumsel meningkat , cegah kel

Polda Sumsel gandeng OKI Pulp bantu kebutuhan oksigen RS COVID-19

Gubernur Sumsel bersama Kapolda Irjen Pol.Eko Indra Heri melepas penyaluran bantuan okigen PT.OKI Pulp & Paper Mills untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen rumah sakit di Palembang, Senin (12/7/2021). ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menggandeng PT OKI Pulp & Paper Mills untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen rumah sakit di provinsi setempat yang meningkat menghadapi lonjakan kasus positif COVID-19 beberapa bulan terakhir.

Penyaluran bantuan oksigen perdana produksi PT OKI Pulp & Paper Mills  30 ton ke rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota Palembang dan beberapa daerah lainnya, dilepas Gubernur Sumsel, Herman Deru dalam acara khusus di lapangan apel Mapolda, Palembang, Senin.

Bantuan CSR dalam bentuk liquid oksigen menggunakan dua unit mobil iso tank dilakukan Wakil Direktut PT.OKI Pulp & Paper Mills, Gadang Hartawan kepada Kapolda Sumsel, Irjen Pol.Eko Indra Heri disaksikan Gubernur Sumsel, Herman deru dan Danrem 044 Gapo, Brigjen TNI Jauhari .

Gubernur Sumsel, Herman Deru pada kesempatan itu mengapresiasi kepedulian perusahaan di bawah bendera PT.Sinar Mas Grup itu yang telah menyalurkan bantuan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) berupa oksigen untuk kebutuhan medis dalam penanganan COVID-19 di Palembang dan daerah lainnya termasuk Jawa Barat.

"Ini semua atas inisiasi Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko yang telah mengajak perusahaan yang memproduksi oksigen untuk menyalurkan bantuan 02 bagi rumah sakit rujukan COVID-19," ujarnya.

Menurut gubernur, semua mempunyai kewajiban menginisiasi kepedulian sosial di masa pandemi ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bantuan yang bermanfaat di masa pandemi termasuk oksigen yang merupakan sarana kehidupan yang paling utama dibutuhkan manusia sangat dinantikan masyarakat.

Untuk itu, kegiatan yang diinisiasi kapolda diharapkan dapat diikuti oleh institusi dan lembaga lainnya, karena berbagai permasalahan yang timbul dampak pandemi COVID-19 tidak mungkin bisa diatasi dengan baik secara sendirian, kata herman Deru.

Kapolda Irjen Pol Eko Indra Heri menjelaskan bahwa menghadapi kondisi terjadi kelangkaan oksigen di sejumlah provinsi di Tanah Air, pihaknya berupaya mengantisipasinya agar tidak terjadi di Sumsel dengan menggandeng perusahaan yang memproduksi oksigen.

Salah satu perusahaan yang memproduksi oksigen di Sumsel yakni PT.OKI Pulp & Paper Mills (Sinar Mas Grup) yang selalma ini digunakan untuk kebutuhan pabrik kertas.

Dengan bantuan CSR perusahaan tersebut diharapkan kebutuhan oksigen rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota Palembang dan beberapa daerah Sumsel lainnya dapat dipenuhi dengan baik, kata kapolda.

Sementara Wakil Direktur PT OKI Pulp & Paper Mills, Gadang Hartawan menambahkan komitmen perusahaannya membantu pengadaan stok oksigen 1.200 ton per bulan.

"Dari kapasitas 1.200 ton liquid oksigen ini, sedianya akan mampu mengisi sekitar 1.000.000 tabung oksigen medis dengan volume 1 M3," ujarnya.

Dia menjelaskan, di masa pandemi sekarang ini, pihaknya mengoptimalkan produksi oksigen harian dan bahkan memproduksi ekstra untuk berpartisipasi dalam pengadaan oksigen bagi pasien COVID-19.

Dengan mengoptimalkan produksi oksigen cair, bisa membantu mengatasi kekurangan oksigen di wilayah Sumatera Selatan, dan daerah lainnya seperti Riau, Jambi dan beberapa provinsi di Pulau Jawa,” ujar Gadang.