Tips memilih aksesoris pada kendaraan

id membeli kendaraan,aksesoris mobil,door visor,aksesoris murah,kaca film mobil

Tips memilih aksesoris pada kendaraan

Pedagang menata dagangan berupa aksesori modifikasi. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ama

Jakarta (ANTARA) - Untuk memiliki tampilan yang berbeda dengan kendaraan lain, para pemilik kendaraan biasanya melakukan penyegaran melalui serangkaian modifikasi pada sebuah kendaraan.
Namun terdapat hal yang harus diperhatikan ketika pemilik kendaraan ingin merubah atau memodifikasi kendaraannya dengan menggunakan part dari pihak lain atau pu dari part yang sudah disajikan oleh OEM (Original Equpment Manufacturer).

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai produsen mobil juga memiliki merk aksesori resmi sendiri, yaitu Suzuki Genuine Accessories atau biasa dikenal dengan sebutan SGA. Aksesori- aksesori yang terdapat dalam SGA tentunya dibuat dengan memperhatikan faktor keamanan, kenyamanan serta estetika bagi penggunanya.

Menurut Spareparts Dept. Head PT SIM, Christiana Yuwantie mengatakan bahwa penggunaan aksesori harus mempertimbangkan faktor keamanan. Oleh karena itu, pilihan yang paling baik adalah dengan menggunakan aksesori resmi dari pabrikan.

Bagi pemilik mobil Suzuki, ada beberapa aksesori resmi dari line up SGA yang dapat digunakan untuk menyegarkan tampilan mobil, yaitu:



1. Spoiler

Penggunan spoiler menjadikan mobil terlihat lebih sporty. Namun, spoiler menjadi salah satu komponen yang dapat memengaruhi aerodinamika. Penggunaan spoiler dapat menambah downforce atau tekanan ke bawah sehingga mampu mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi saat berkendara.

"Gaya angkat ini dapat membuat mobil melayang dan tidak stabil serta berpotensi membuat pengemudi hilang kontrol. Namun, pemasangan spoiler pada belakang mobil sebisa mungkin diimbangi dengan pemasangan spoiler di depan dan samping untuk menjaga agar mobil lebih terkendali," kata Christiana Yuwantie dalam keterangan resmi yang dikutip Sabtu.

2. Emblem Suzuki Sport

Sama seperti penggunaan spoiler yang dapat menambah kesan sporty pada mobil Suzuki, emblem Suzuki Sport juga menjadi salah satu pilihan aksesori favorit yang dapat mengekspresikan gaya sporty pengemudi.

3. Door Visor

Door visor menjadi aksesori tambahan wajib yang cukup penting pada mobil. Door visor berguna sebagai talang air yang dapat mengurangi cipratan air yang masuk ke kabin saat kaca dibuka.

Air hujan yang masuk terlalu banyak ke dalam kabin dapat memengaruhi komponen kelistrikan pada pintu mobil, seperti power window yang terdapat pada door trim yang rawan terjadi hubungan arus pendek jika terkena tampias air hujan.


4. Grille

Pemasangan grille bukan hanya mendongkrak estetika eksterior mobil, memiliki beberapa fungsi. Grille memiliki fungsi utama sebagai saluran udara dari mesin yang memiliki temperatur panas yang cukup tinggi.

Pada fungsi ini, grille berguna untuk menjaga temperatur mesin agar tetap stabil sehingga tidak mencapai titik overheat. Selain itu, grille pada mobil juga dapat berguna untuk meningkatkan aerodinamika mobil secara optimal sehingga memiliki performa yang konsisten.

5. Fog Lamp Set

Fog lamp atau lampu kabut memiliki fungsi penting sebagai komponen keselamatan ketika berkendara. Komponen ini berfungsi membantu visibilitas dan pandangan pengemudi ketika melalui jalan yang berkabut atau hujan. Fog lamp dirancang untuk dapat mengimbangi kemampuan headlamp saat kondisi jarak pandang pengemudi terbatas.

6. Parking Sensor

Parking sensor memiliki fungsi utama sebagai pemberi tanda kepada pengemudi yang hendak memarkirkan kendaraan. Parking sensor dapat memberikan alarm suara jika mobil mendekati sebuah objek.

Jika suara alarm berbunyi, tandanya pengemudi harus lebih waspada terhadap kondisi sekitar tempat parkir mobil. Parking sensor pada kendaraan harus terawat kebersihannya, dipastikan terbebas dari debu atau kotoran lainnya, sehingga sensor dapat berfungsi secara optimal.

Pemasangan aksesori yang sesuai keinginan dan fungsi dapat dilakukan sendiri maupun di bengkel resmi. Namun, sangat disarankan agar memasang aksesori dan komponen di bengkel resmi karena teruji kelaikannya dan bergaransi. Selain itu, pemasangan di bengkel resmi juga bisa menghindarkan kesalahan instalasi, khususnya kelistrikan dan mesin.

"Penggunaan aksesori tambahan yang tepat dapat memperindah tampilan mobil, namun sebaiknya tetap gunakan aksesori dan komponen original yang kami sediakan melalui SGA agar terjaga keamanan dan kenyamanannya. Suzuki Indonesia juga sudah menghadirkan aplikasi MySuzuki dan website www.suzuki.co.id untuk kemudahan berbelanja suku cadang dan aksesori resmi bagi konsumen Suzuki," tutup Christiana Yuwantie.