Pengunjung objek wisata di OKU wajib terapkan 3M

id Objek wisata, Goa Putri, protokol kesehatan, 3 M, periksa suhu tubuh, Dinas Pariwisata

Pengunjung objek wisata di OKU wajib terapkan 3M

Objek wisata Goa Putri di Kabupaten OKU terapkan prokes bagi setiap pengunjung, Selasa (1/6/2021). (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan Topan Indra Fauzi menegaskan semua wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di wilayah itu wajib menerapkan protokol kesehatan 3M guna mencegah penularan COVID-19.

"Selama berada di kawasan objek wisata pengunjung wajib menerapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," kata dia di Baturaja, Ibu Kota Kabupaten OKU, Selasa.

Setelah penutupan objek wisata saat libur Lebaran 2021, Dinas Pariwisata OKU kembali membuka kawasan objek wisata Goa Putri dan Air Terjun Keban Agung di Kecamatan Semidang Aji untuk melayani pengunjung yang berlibur cuti bersama dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2021.

Setiap pengunjung yang berlibur ke dua objek wisata andalan Kabupaten OKU ini, wajib menerapkan protokol kesehatan 3M, seperti memakai masker dan menjaga jarak, guna mencegah klaster penyebaran virus corona jenis baru itu.

"Pihak pengelola juga menyediakan tempat mencuci tangan di setiap pintu masuk objek wisata Goa Putri dan Keban Agung," kata Topan.

Dinas Pariwisata juga mendirikan pos pelayanan di pintu masuk objek wisata yang melibatkan pihak kepolisian dan Dinas Kesehatan Kabupaten OKU dalam upaya memperketat protokol kesehatan di kawasan objek wisata.

Di pos pelayanan ini, petugas menyiapkan alat pemeriksaan suhu tubuh guna memastikan pengunjung yang datang dalam kondisi sehat, tidak terpapar virus.

"Jika hasil pemeriksaan suhu tubuh tinggi maka pengunjung tidak boleh masuk. Terkait jumlah kunjungan saat libur ini tidak ada target karena masih dalam kondisi COVID-19," katanya.

Pantauan di kawasan Goa Putri, pihak pengelola sudah menyediakan peralatan protokol kesehatan, seperti tempat mencuci tangan di pintu masuk objek wisata di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji atau berjarak sekitar 200 kilometer dari Kota Palembang tersebut.

Meskipun jumlah kunjungan tidak begitu ramai, wisatawan yang sebagian besar masyarakat lokal tetap mematuhi potokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak antarpengunjung.

"Sejauh ini sudah banyak perubahan di Goa Putri seperti sudah tersedia beberapa wahana baru yaitu rumah pohon dan 'outbound'. Jadi sangat cocok mengajak anak berlibur dan bermain di sini," kata Adi, salah seorang pengunjung yang juga warga Baturaja itu.