Pemerhati UMKM ajak pelaku usaha mikro manfaatkan e-commerce

id UMKM sulut,e-commerce,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Pemerhati UMKM ajak pelaku usaha mikro manfaatkan  e-commerce

Servie Kilis (1)

Manado (ANTARA) - Pemerhati UMKM Servie Kilis mengajak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sulawesi Utara agar memanfaatkan platform e-commerce (perdagangan secara elektronik) dalam memasarkan produk-produk di tengah pandemi COVID-19.

"Saat ini  di era digital, UMKM harus memanfaatkannya e-commerce sehingga pasar semakin luas," kata Servie Kilis, di Manado, Rabu.

Baca juga: Produk hilirisasi kelapa UKM di Banyuasin targetkan ekspor

Dia mengatakan aktivitas jual beli melalui  e-commerce  sudah semakin luas,  sehingga UMKM di Sulut sudah harus mengikuti perkembangan ini dan memanfaatkan internet untuk memasarkan produk.

Servie menjelaskan banyak keuntungan jika UMKM memanfaatkan e-commerce, pertama tidak perlu toko fisik karena cukup dari rumah  dan bisa menjual produk di seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

Baca juga: Menteri Koperasu dan UKM Teten sebut perlu strategi bangun ekosistem ekonomi terintegrasi

UMKM Indonesia yang memanfaatkan e-commerce berpotensi meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia.

Oleh karena itu, diperlukan dukungan berbagai pihak sehingga UMKM memanfaatkan e-commerce.

Baca juga: KKP ajak UMKM pengolahan ikan masuk pasar laut Indonesia

Dukungan berbagai pihak tersebut di antaranya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, meningkatkan daya saing produk dalam negeri, memberikan fasilitas promosi, mendorong penggunaan perdagangan melalui sistem elektronik melalui pelatihan bagi pelaku UMKM maupun melalui fasilitator.

"Perlu sinergi kolaborasi kementerian lembaga, asosiasi, komunitas, serta menyiapkan basis data UMKM," katanya.