Penalti Ramos bantu Real Madrid menangi El Clasico

id el clasico,real madrid,barcelona,liga spanyol,sergio ramos,federico valverde,luka modric,ansu fati

Penalti Ramos bantu Real Madrid menangi El Clasico

Kapten Real Madrid Sergio Ramos (tengah) melakukan selebrasi seusai melesakkan tendangan penalti ke gawang Barcelona dalam El Clasico untuk lanjutan Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Sabtu (24/10/2020). (ANTARA/REUTERS/Albert Gea)

Jakarta (ANTARA) - Sebuah tendangan penalti yang sukses dieksekusi Sergio Ramos membantu Real Madrid memenangi El Clasico dengan skor 3-1 atas tuan rumah Barcelona dalam laga pekan ketujuh Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Sabtu.

Hadiah tendangan penalti dimenangi oleh Ramos sendiri, saat jerseynya ditarik oleh Clement Lenglet dalam situasi sepak pojok dan aksi teaterikal sang kapten saat menjatuhkan diri cukup meyakinkan wasit Juan Martinez Munuera menunjuk titik putih setelah sejenak meninjau tayangan ulang VAR.

Ramos mengirimkan tendangan penalti yang arahnya bisa ditebak oleh kiper Neto, tetapi laju bola tak terhenti melesak ke dalam gawang membawa Real Madrid memimpin kembali pada menit ke-63.

Sebelumnya, Real Madrid sempat unggul cepat lewat gol cantik Federico Valverde yang dibalas instan oleh Barcelona melalui Ansu Fati. Setelah penalti Ramos merestorasi keunggulan, kemenangan Real Madrid dilengkapi gol pengujung laga Luka Modric, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Pertandingan awalnya melunasi ekspektasi sebuah laga El Clasico ketika kedua tim tampil proaktif menyerang sejak sepak mula.

Tim tamu membuka keunggulan pada menit kelima saat umpan terobosan apik Karim Benzema diselesaikan dengan sempurna oleh Valverde ke area tiang jauh.

Namun, tiga menit kemudian Barcelona memberi jawaban instan saat Jordi Alba lolos dari jebakan offside sebelum mengirimkan umpan tarik yang diselesaikan baik oleh Fati untuk menaklukkan kiper Thibaut Courtois.

Sejak itu kedua tim terus saling serang dan pada menit ke-24, baik Courtois maupun Neto bergantian melakukan penyelamatan gemilang. Courtois menepis sepakan Lionel Messi dan Neto menghalau tembakan bersih Benzema.

Skor imbang bertahan hingga turun minum dan Barcelona mempunyai sedikitnya dua peluang bagus untuk berbalik memimpin tetapi sepakan Fati melenceng dan sundulan Philippe Coutinho hanya menghantam sisi luar jala gawang.

Insiden di kotak penalti Barcelona pada menit ke-60, yang melibatkan Lenglet dan Ramos cukup mengubah jalannya pertandingan. Tiga menit dihabiskan wasit meninjau VAR sebelum menghadiahi tendangan 12 pas untuk Real Madrid yang dimanfaatkan baik oleh Ramos demi membawa timnya kembali memimpin 2-1.

Penalti itu seperti menghantam mental para pemain Barca yang tampak kurang bernafsu menyerang, tetapi pada menit ke-79 mereka mendapat peluang bagus berupa tendangan bebas tepat di luar kotak penalti Real Madrid. Sayang eksekusi Messi membentur pagar hidup dan hanya menjadi sepak pojok.



Real Madrid selanjutnya memegang kendali permainan dan hampir membunuh pertandingan lebih awal, tetapi Neto melakukan dua penyelamatan gemilang atas dua tembakan beruntun dari Toni Kroos.

Namun, Neto malah melakukan kesalahan ketika keluar dari sarangnya untuk menghentikan pergerakan Rodrygo Goes dan bola malah bergulir ke kaki Modric.

Peraih Ballon d'Or 2018 itu tenang menghadapi kerumunan pemain Barcelona, sebelum melepaskan tembakan dingin ke gawang tak bertuan dan memastikan kemenangan Real Madrid jadi 3-1.

Kedua tim akan lebih dulu tampil di kelanjutan Liga Champions dengan Real Madrid bertandang ke Jerman menghadapi Borussia Moenchengladbach pada Selasa (27/10) sedangkan Barcelona sehari kemudian melawat ke markas Juventus.

Lantas dalam rangkaian laga pekan kedelapan Liga Spanyol, Real Madrid bakal menjamu Huesca di Stadion Alfredo di Stefano pada Sabtu (31/10) beberapa jam sebelum Barcelona bertamu ke kandang Alaves.



Susunan pemain:

Barcelona (4-2-3-1): Neto; Sergino Dest, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba (Martin Braithwaite); Sergio Busquets (Ousmane Dembele), Frenkie de Jong; Pedri (Trincao), Philippe Coutinho, Ansu Fati (Antoine Griezmann); Lionel Messi
Pelatih: Ronald Koeman

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Nacho (Lucas Vazquez), Raphael Varane, Sergio Ramos, Ferland Mendy; Federico Valverde (Luka Modric), Casemiro, Toni Kroos; Marco Asensio (Rodrygo Goes), Karim Benzema, Vinicius Junior
Pelatih: Zinedine Zidane