Sumsel kembangkan paket wisata religi

id disbudpar sumsel kembangkan paket wisata religi,paket wisata religi,wisata, objek wisata makam legendaris, bukit sigunta,sumsel,pariwisata sumsel,info

Sumsel kembangkan paket wisata religi

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal. (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan berupaya mengembangkan paket wisata religi untuk meningkatkan jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara berkunjung ke daerah dengan 17 kabupaten/kota itu menghadapi era normal baru produktif aman dari COVID-19.

“Potensi wisata religi provinsi ini cukup besar, untuk memanfaatkannya secara maksimal terus dilakukan pengembangan dengan melibatkan semua pihak dan lapisan masyarakat," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal di Palembang, Kamis.

Menurut dia, wisata religi yang dikembangkan di Kota Palembang sekarang ini seperti Al-Quran Akbar dan Kampung Almunawar cukup menarik perhatian wisatawan.

Sebelum ada wabah virus Corona, setiap hari dikunjungi ratusan wisatawan dari berbagai daerah bahkan ada yang dari luar negeri.

Melihat prospek wisata religi cukup bagus untuk menarik wistawan berkunjung ke daerah ini, perlu dilakukan program pengembangannya yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing, katanya.

Selain itu, pihaknya juga berupaya meningkatkan kualitas objek wisata makam legendaris yang ada di setiap kabupaten dan kota dalam wilayah Sumsel.

Salah satu objek wisata makam legendaris yang ditingkatkan kualitasnya yakni kawasan Bukit Siguntang Palembang sebuah bukit kecil setinggi 30 meter dari permukaan laut yang terletak sekitar tiga kilo meter dari tepian utara Sungai Musi.

Bukit Siguntang merupakan salah satu kawasan pemujaan dan keagamaan Kerajaan Sriwijaya yang terdapat beberapa makam tokoh raja, bangsawan dan pahlawan Melayu-Sriwijaya seperti Raja Sigentar Alam, Pangeran Raja Batu Api, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Panglima Tuan Junjungan, Panglima Bagus Kuning, dan Panglima Bagus Karang

Selain dilakukan penataan, dengan memanfaatkan bangunan di kawasan Bukit Siguntang Palembang akan dijadikan museum yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai benda peninggalan sejarah, ujar Kadisbudpar Sumsel Aufa.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar