Seorang petugas Damkar Palembang gugur tersetrum listrik saat bertugas, ini kronologinya

id petugas pemadam kebakaran gugur,petugas pemadam gugur tersengat listrik,tersetrum listrik,kebakaran,petugas gugur tersengat listrik,dinas pemadam keba

Seorang petugas Damkar Palembang gugur tersetrum listrik saat bertugas, ini kronologinya

Para petugas pemadam kebakaran setelah berhasil menjinakkan api yang menghanguskan rumah di Kecamatan Gandus Kota Palembang, Sabtu (13/6) malam. Peristiwa tersebut merenggut nyawa seorang pemadam bernama Agus Setiawan (25). (ANTARA/HO-Damkar Palembang/20)

Namun saat berupaya menarik Agus, tubuh Hamdi ikut tersengat listrik sehingga ia melepaskan pegangannya dan nyawa Agus tidak tertolong meski sempat meminta tolong
Palembang (ANTARA) - Seorang petugas gugur saat proses pemadaman kebakaran di Kecamaran Gandus Kota Palembang pada Sabtu (13/6) malam akibat tersetrum arus listrik di lokasi kejadian.

Kasi Ops Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) Kota Palembang, Hardiansyah, Minggu, mengatakan petugas tersebut bernama Agus Setiawan (25), korban sempat di bawa ke Rumah Sakit Siti Khadijah Palembang sebelum meninggal dunia.

"Ada juga petugas lainnya sempat dibawa ke klinik dekat lokasi kejadian, namun sekarang Alhmdulillah sudah sehat dan kembali ke rumah," ujarnya kepada Antara.

Dua orang petugas tersebut mengalami kecelakaan kerja saat memadamkan satu unit rumah semi permanen di Jalan Sakyakhirti RT 24 Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Gandus Kota Palembang pada pukul 20.00 WIB, lokasi sendiri tidak jauh dari Pos Pemadam Gandus.

Awalnya Agus yang bertindak sebagai ketua regu dari Pos B Gandus dan dua rekanya yakni Tri dan Hamdi mencoba masuk ke dalam rumah ketika api masih berkobar, namun Agus dan Tri menginjak seng yang dibawahnya terdapat kabel listrik terkelupas.

Agus dan Tri langsung kejang-kejang dan terjatuh, lalu Hamdi yang belum sempat menginjak seng berusaha menarik sekuat tenaga tubuh Tri dan berhasil melepasaknya dari seng beraliran listrik itu.

Namun saat berupaya menarik Agus, tubuh Hamdi ikut tersengat listrik sehingga ia melepaskan pegangannya dan nyawa Agus tidak tertolong meski sempat meminta tolong.

Tim pemadam terdiri dari dua regu Pos Gandus, dua regu Pos Merdeka dan satu unit pool berhasil menjinakkan api pada pukul 22.00, meskipun rumah tersebut hangus tak bersisa tetapi tidak ada laporan korban jiwa selain dua petugas tersebut.

"Almarhum (Agus Setiawan) akan dimakamkan di TPU Pancasila Karanganyar, Minggu (14/6) setelah shalat zuhur," kata Hardiansyah menambahkan

Atas gugurnya Agus Setiawan, Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, menyampaikan ungkapan rasa duka cita mewakili Pemkot Palembang melalui akun instagram pribadinya.

"Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya staf pemadam kebakaran non-PNSD atas nama Agus Setiawan bin Syamsudin saat melaksanakan tugas, semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah dan diampuni dosa-dosanya," kata Ratu Dewa.