Penyanyi RnB Betty meninggal dunia

id Betty Wright, penyanyi rnb, musisi meninggal, hollywood,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, pale

Penyanyi RnB Betty meninggal dunia

Penyanyi RnB Betty Wright (Instagram/@therealbettywright)

Jakarta (ANTARA) - Betty Wright, penyanyi soul dan R&B yang terkenal karena lagu hit 70-an "Clean Up Woman," telah meninggal dunia di usia 66 tahun.

Wright meninggal di rumahnya di Miami pada hari Minggu (10/5) waktu setempat karena penyakit kanker yang dideritanya, menurut Billboard dikutip oleh PageSix pada Senin.

Terlahir dengan nama Bessie Regina Norris, Wright mengadopsi nama panggungnya ketika dia masih kecil. Bersama saudara-saudaranya dalam grup vokal Echoes of Joy, dia mulai aktif bernyanyi di gereja.

Baca juga: Glenn Fredly, penyanyi dan pencipta lagu paling romantis

Mereka merilis album pada tahun 1956, ketika dia berusia tiga tahun. Wright beralih dari gospel ke R&B pada usia 11 tahun dan mulai bernyanyi di pertunjukan bakat lokal di Miami.

Dia kemudian menandatangani kontrak dengan Deep City Records ketika berusia 12 tahun.

Album pertamanya, "My First Time Around," dirilis ketika dia berusia 14 dan termasuk hit Top 40.'

Baca juga: Didi Kempot "The Godfather of Broken Heart"

Terobosan Wright datang dengan single "Clean Up Woman" dari album keduanya, "I Love the Way You Love," dirilis pada tahun 1971.

Lagu itu mencapai No. 6 di tangga lagu Billboard Hot 100, terjual lebih dari satu juta kopi dan dinyatakan sebagai lagu No. 49 tahun 1972, menurut Billboard.

Bertahun-tahun kemudian, Wright menulis lagu disco-infused "Where Is the Love" bersama dengan Harry Wayne Casey dan Richard Finch dari KC & the Sunshine Band.

Dia kemudian memenangkan Grammy untuk lagu R&B terbaik. Pada 2000-an, Wright kembali muncul di acara "Making the Bank," membimbing kelompok muda Danity Kane. Dia juga melakukan produksi vokal untuk artis lain, termasuk Jennifer Lopez, Gloria Estefan dan Joss Stone.

Pada tahun 2005, ia dinominasikan untuk album pop terbaik di Grammy karena ikut memproduksi album Stone "Mind Body & Soul".

Baca juga: Didi Kempot dikenal juga sebagai Duta K3 DKI Jakarta
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar