BMKG ingatkan warga Sumsel waspada longsor di masa musim peralihan

id longsor,bencana longsor,BMKG,BMKG Sumsel,bencana longsor sumsel,waspada bencana longsor,peringatan dini bencana longsor

BMKG ingatkan warga Sumsel waspada longsor di masa musim peralihan

Personel BPBD Kabupaten OKU sedang berupaya mengatasi longsor di Kecamatan Ulu Ogan, Sumatera Selatan, Sabtu (2/4). (ANTARA/Edo Purmana/20)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan warga di sejumlah kabupaten Sumatera Selatan untuk mewaspadai bencana longsor karena daerah ini berpotensi mengalami hujan lebat dengan durasi yang lama, Selasa.

Rilis pers diterima ANTARA, Selasa, peringatan dini ini diberikan ke sembilan kabupaten/kota di Sumsel yakni Banyuasin, Ogan Ilir, Muaraenim, Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, Prabumulih, Musirawas, Palembang dan Musirawas Utara.

Hujan diperkirakan dengan intensitas sedang hingga lebat ini dapat juga disertai petir/kilat dan angin kencang dengan durasi singkat pada pada pagi – malam hari di wilayah.

BMKG memperkirakan pada siang hari bakal berawan hingga potensi hujan sedang - lebat di wilayah Musirawas Utara, Musirawas, Musi Banyuasin, OKU Selatan dan OKU Timur; potensi hujan lokal di wilayah Muaraenim, OKU, Lahat, Palembang, PALI, Prabumulih, OKI, Banyuasin dan Ogan Ilir

Pada malam hari kemungkinan berawan hingga potensi hujan sedang – lebat di wilayah Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara, PALI, Palembang dan Banyuasin; potensi hujan lokal di wilayah OKI, OKU, Muaraenim, Lahat, Empat Lawang dan Ogan Ilir.

Sedangkan, pada dini hari diperkirakan cerah berawan hingga berpotensi udara kabur/berkabut, potensi hujan ringan-sedang di wilayah Musirawas Utara, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, OKI, Banyuasin dan Palembang.

Suhu udara untuk wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI : 23 – 32 °C, Kelembaban udara 65 % - 98 %.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dan OKU Selatan : 18 – 31 °C; Kelembaban Udara 65 % - 100 %.

Angin bergerak dari Timur – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 20 km/jam. Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selatan 0.5 – 1.3 m, cuaca diperkirakan berawan - hujan ringan dan Angin dari Timur - Selatan dengan kecepatan 5 – 27 km/jam.

Sebelumnya, longsor terjadi di Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada Jumat (1/5) malam sehingga menutupi jalan poros di daerah tersebut.
Baca juga: Longsor bongkahan batu-batu besar hampir 25 ton tutupi jalan di OKU, puluhan desa terancam terisolasi
Baca juga: Longsor Jumat dini hari di Muara Enim rusak 10 Ha sawah, warga waspadai cuaca ekstrem