Gubernur Sumsel: Sektor pertanian masih prioritas pada 2021

id gubernur,pertanian,unggulan, utama

Gubernur Sumsel: Sektor pertanian masih prioritas pada 2021

Gubernur Sumsel Herman Deru (kiri). (HO-Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, sektor pertanian masih menjadi skala prioritas pembangunan di daerah yang terdiri dari 17 kabupaten dan kota itu pada 2021.

"Hal ini karena masyarakat Sumatera Selatan mayoritas penghasilannya pertanian sehingga sektor itu tetap akan menjadi skala utama," kata Gubernur Daru di Palembang, Selasa.

Bukan itu saja tetapi Sumsel terkenal dengan daerah penghasil beras bahkan surplus sehingga itu akan menjadi perhatian pemerintah.

Oleh karena itu pihaknya terus meningkatkan kualitas dan kuantitas sektor pertanian dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara mengenai masalah pertanian itu pihaknya telah menyampaikan dalam musyawarah perencanaan pembangunan rencana kerja pembangunan daerah (Musrenbang RKPD) Provinsi Sumsel tahun 2020, melalui pertemuan virtual di Ruang Command Center.

Memang, lanjut dia, sektor lainnya tetap menjadi perhatian pihaknya seperti diantaranya pemulihan ekonomi yang inklusif didukung kualitas UMKM, investasi, industri, kebudayaan dan pariwisata.

Selain itu peningkatan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana. Serta peningkatan kualitas pelayanan publik, stabilitas keamanan dan kehidupan beragama.

“Dari prioritas daerah tersebut, maka Pemerintah Provinsi Sumsel menetapkan tema Pembangunan Provinsi Sumsel Tahun 2021 yaitu Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Percepatan Pemulihan Ekonomi yang Inklusif, Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pelayanan Publik yang Prima,” kata dia.

Berdasarkan hal tersebut pula menurut dia, RKPD Tahun 2021 akan mengalami dampak dan membutuhkan penyesuaian. Seperti, penentuan usulan kegiatan harus yang benar-benar mendukung prioritas nasional dan prioritas Provinsi Tahun 2021 dan mempunyai daya yang tinggi bagi pemulihan perekonomian daerah.

Pembangunan Provinsi Sumsel bukan hanya dilaksanakan pemerintah provinsi, namun juga dilakukan bersama-sama dengan pemerintah kabupaten dan kota serta seluruh komponen masyarakat dengan semangat Bersatu Sumsel Maju.

Untuk itu, pembangunan Sumsel harus direncanakan dan dilaksanakan secara terintegrasi, tepat sasaran, tepat lokasi, sinkron dan bersinergi dengan seluruh kabupaten dan kota, provinsi serta pusat, ujar dia.

Dia juga mengimbau seluruh perangkat daerah, untuk program dan kegiatan dilaksanakan harus satu muara, yaitu menurunkan angka kemiskinan di Sumatera Selatan.

Visi Provinsi Sumatera Selatan 2018-2023 yaitu Sumatera Selatan Maju Untuk Semua, diharapkan akan dapat dicapai melalui semangat bersatu Sumsel maju.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar