Feby Deru gunakan kebaya masak di dapur Corona

id ketua pkk,febi deru,istri gubernur sumsel herman deru,hari kartini,peringatan hari kartini,memasak di dapur corona,dapur corona,COVID-19. virus corona

Feby Deru gunakan kebaya masak di dapur Corona

Ketua Tim PKK Sumsel Feby Deru (ANTARA/HO/Humas Pemprov Sumsel)

Saya mengajak kepada kaum perempuan untuk lebih kuat dan tangguh menghadapi masa-masa sulit seperti adanya paparan corona ini
Palembang (ANTARA) - Ketua Tim PKK Sumatera Selatan Feby Deru yang didampingi Wakil Ketua Fauzia Mawardi Yahya menggunakan kebaya saat memasak di dapur umum untuk korban COVID -19 saat Hari Kartin, Selasa.

Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru bersama Wakil Ketua 1 TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya dan kawan-kawan mewujudkan semangat Kartini dengan terus berjibaku di dapur umum PKK memasak menu istimewa berupa nasi, ikan patin acar kuning, terong cabe ijo, sambal, kerupuk, buah, dan air mineral.

"Iya ini kita tampil dengan kebaya, memperingati hari Kartini. Mencontoh semangat Kartini agar kaum perempuan tak mudah menyerah serta memiliki semangat juang yang tinggi, kata Feby Deru di Palembang, Selasa.

"Saya mengajak kepada kaum perempuan untuk lebih kuat dan tangguh menghadapi masa-masa sulit seperti adanya paparan corona ini," katanya.

Terlebih lagi menurut dia, peran perempuan dalam keluarga menjadi pondasi penting saat masa sulit ini. Perempuan dituntut lebih tangguh dan mandiri dalam menjaga keluarga, anak, dan cucu di tengah pandemi COVID -19 ini.

"Menyikapi hal ini, pada hari ke-4 kami terus membagikan bantuan makanan 500 nasi kotak bagi yang terdampak COVID-19 juga masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi baik yang dirumahkan atau di PHK.

Bantuan ini tentu diharapkan dapat mengurangi dan meringankan beban perempuan dalam menyediakan menu makanan bagi keluarga, ujar dia.

Sementara Wakil Ketua 1 TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya mengatakan, memasak dengan berbusana kebaya tidak membuat dirinya gerah ataupun kesulitan saat beraktivitas.

Menurut dia, dirinya sudah terbiasa melakukannya dan senang mengenakan kebaya pada hari ini sebagai wujud perayaan hari Kartini.

Kepada para perempuan, khususnya para ibu rumah tangga dia berpesan agar selalu memiliki kekuatan dan kesabaran dalam melalui masa sulit ini.

Dia minta tetap semangat kepada para ibu jaga selalu kesehatan diri juga keluarga. Tetap siaga dan terapkan pola hidup bersih dan sehat. Dalam beberapa hari lagi kita umat muslim akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Semoga para ibu tetap sehat dan kuat, karena diketahui para ibu yang paling sibuk sejak sebelum fajar menyingsing hingga petang bahkan malam hari mengerjakan tugas-tugas rumah tangga, katanya.

Tidak hanya memasak menu makanan saja, Feby Deru dan Fauziah Mawardi Yahya bahkan ikut serta membagikan langsung bantuan makanan 500 nasi kotak yang disebar di 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Kemuning, Kecamatan Sukarame, dan Kecamatan Talang Jambe.

Keduanya bersama tim PKK Sumsel, Dinas Sosial Sumsel, dan PMI Sumsel mengantarkan bantuan makanan nasi kotak, masker, juga sembako ke para penerima bantuan ke rumah mereka.

Masyarakat penerima bantuan makanan seperti Maryam, perempuan lanjut usia berumur 90 tahun mengatakan dirinya benar-benar tak menyangka sekaligus terharu bantuan tersebut diantarkan langsung  Ketua TP PKK Sumsel bersama Wakil Ketua 1 TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya.

"Terima kasih bu Feby dan bu Fau. Saya ini tinggal bersama anak saya yang tak memiliki pekerjaan tetap. Bantuan ini sangat membantu kami", kata warga Kecamatan Kemuning itu.

Begitupun yang dirasakan Mbah Uban. Warga Kecamatan Talang Jambe itu menyampaikan rasa syukurnya atas perhatian yang diberikan Pemprov Sumsel dan PKK Sumsel. "Alhamdulillah. Bantuan yang diberikan ini benar-benar bermanfaat dan memang kami butuhkan. Kami mengalami kesulitan mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari", ucap perempuan 70 tahun yang tinggal bersama anaknya yang pedagang rujak buah itu.