Pemprov Sumsel pasang "thermal scanner" antisipasi virus corona

id Virus, Corona,penanganan corona,virus corona,corona,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palemban

Pemprov Sumsel pasang  "thermal scanner" antisipasi virus corona

Ilustrasi - Thermal scanner terpasang di Bandara Raden Inten II Lampung sebagai salah satu langkah antisipasi pemerintah mencegah penyebaran virus corona, Bandarlampung, Rabu (29/1/2020). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memasang "thermal scanner", pemindai suhu tubuh, di bandara dan pelabuhan setempat dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus corona di daerah tersebut.

"Kami telah menginstruksikan instansi terkait untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, antara lain memasang 'thermal scanner'", kata Gubernur Sumsel Herman Deru melalui Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini dalam keterangan tertulisnya di Palembang, Jumat.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kesehatan Sumsel telah bergerak melakukan antisipasi tersebut, di mana saat ini sudah mengaktifkan pengoperasian "thermal scanner" di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Baca juga: Presiden instruksikan TNI jemput WNI di Hubei

Bahkan, untuk Pelabuhan Laut Boom Baru dan Sungai Lumpur, pihaknya memindai suhu kru kapal dengan termometer inframerah.

Selain pemasangan alat deteksi tersebut, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait lainnya, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Palembang, Dinkes kabupaten dan kota di Sumsel, rumah sakit serta Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang.

Tindakan tersebut, kata dia, sebagai bentuk kesiapsiagaan Pemprov Sumsel dalam menghadapi ancaman virus corona.

Baca juga: Penjual makanan segar sering cuci tangan untuk cegah virus

Selain menyiagakan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan dan tenaga kesehatan, lanjut dia, hal yang paling utama yakni memberikan edukasi kepada masyarakat agar mengetahui seperti apa virus corona, bahaya, dan upaya pencegahannya secara mandiri melalui media elektronik maupun cetak.

"Begitu juga rumah sakit di provinsi itu telah disiagakan dalam mengantisipoasi virus tersebut," ujar dia.

Baca juga: Kematian akibat corona terus menanjak sampai 213

Saat ini, kata dia, sejumlah rumah sakit di daerah tersebut telah disiapkan sebagai langkah penanganan jika virus corona masuk Sumsel.

Ia mencontohkan RSMH dan RSUD Siti Fatimah Palembang telah menyiapkan ruang isolasi untuk penanganan pasien yang dicurigai terinfeksi virus corona.

“Selain rumah sakit provinsi, di kabupaten juga telah disiapkan, antara lain RS Siti Aisyah Lubuk Linggau, RSUD Lahat, dan RSUD Kayuagung” kata dia.

Baca juga: Perintah evakuasi WNI di Hubei hingga perayaan Imlek nasional

Baca juga: Presiden : Evakuasi WNI di Wuhan butuh koordinasi matang

Baca juga: Pemprov upayakan pemulangan delapan mahasiswa Aceh di China
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar