Ini tips belanja bulanan hemat

id tips hemat,belanja bulanan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Ini tips belanja bulanan hemat

Ilustrasi belanja bulanan (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Apakah resolusi tahun baru Anda adalah menjadi lebih hemat? Jika iya, mungkin Anda bisa memulainya dari menata ulang cara belanja kebutuhan harian Anda.

Bagi banyak orang, belanja mingguan menjadi sebuah rutinitas di supermarket yang sama, untuk item yang sama dan memasukkannya begitu saja ke dalam keranjang tanpa pikir panjang. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengubahnya.


Berikut tips agar belanja bisa jadi lebih hemat dan efektif yang kami rangkum dari The Guardian dan Fool, Selasa:

1. Rencanakan belanja dengan baik
Jangan terlalu sering belanja. Rencanakan dengan baik apa saja yang akan dibeli, akan menghemat banyak uang bulanan Anda.

Membuat daftar belanjaan akan menyelamatkan Anda dari belanja impulsif yang akhirnya menghamburkan uang.

Ingat, supermarket biasanya menawarkan diskon untuk item tertentu pada hari tertentu. Jika Anda berencana belanja, sebaiknya cek dulu hari ini di supermarket yang Anda tuju sedang menawarkan diskon apa.

2. Jangan kaku
Alih-alih berpatokan pada merk tertentu, cobalah untuk lebih fleksibel dalam memilih item. Misalnya, sekali-kali coba minuman merek supermarket dari pada membeli merrk minuman tertentu yang biasa Anda beli.

Rasanya mungkin tidak jauh beda namun selisih harganya bisa jadi sumber penghematan.

3. Stok sayur dan lauk
Isi lemari es dengan sayur dan lauk pauk beku. Buatlah semacam tantangan dalam sebulan bahwa Anda harus menghabiskan stok itu sebelum pergi belanja bulanan lagi.

4. Patuhi anggaran
Jangan belanja melebihi anggaran yang sudah ditentukan. Dengan cara itu, Anda akan dipaksa kreatif untuk mencari alternatif produk dengan harga yang masuk di kantong.

5. Makan dulu sebelum belanja
Belanja saat lapar akan membuat lebih impulsif utamanya di bagian snack dan minuman ringan.

Supermarket tahu betul hal ini makanya mereka menawarkan produk-produk spesial di setiap lorong.

6. Manfaatkan cashback
Manfaatkan fitur uang kembali alias cashback dari berbagai sumber misalnya dari kartu debit bank Anda atau aplikasi cashback belanja yang banyak tersedia di app store.