Menteri Edhy : KKP siap perangi stunting

id menteri edhy,kkp,stunting,Asus Transformer Book T100,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari

Menteri Edhy : KKP siap perangi stunting

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam acara kampanye Gemarikan di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (4/11/2019). ANTARA/HO KKP

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) siap bersinergi bersama pihak lainn yang terkait dalam memerangi stunting di Tanah Air.

"Pak Wapres dalam rapat terbatas dengan jajaran menyampaikan untuk melawan stunting. Kementerian Kelautan dan Perikanan siap bersama-sama memerangi stunting ini," kata Edhy Prabowo dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut Edhy Prabowo, untuk program jangka pendek yang sederhana dalam mengatasi fenomena stunting adalah dengan membagi-bagi ikan melalui bantuan ibu-ibu PKK dalam kampanye KKP terkait Gemarikan atau gemar makan ikan.

Sedangkan untuk program jangka panjang, masih menurut dia, adalah dengan menggiatkan usaha budidaya ikan dalam rangka meningkatkan hasil produksi ikan.

Ikan merupakan salah satu sumber protein tinggi yang bermanfaat dalam mengatasi stunting pada anak.

Sebagaimana diwartakan, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (4/11).

Dalam kunjungannya tersebut, Menteri Edhy menghadiri rangkaian acara menjelang peringatan Hari Nusantara XIX yang juga menggelar kampanye Gemarikan.

Selain itu, sebagai bentuk komitmen peningkatan konsumsi ikan, juga dilakukan pelantikan dan pengukuhan pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Sumsel.

Sementara itu, terkait Forikan, Menteri Edhy mengatakan, Forikan memang sengaja dibentuk dalam rangka menjawab permasalahan bangsa yaitu perang melawan stunting atau hambatan pertumbuhan.

Hambatan yang dimaksud, lanjutnya, bukan hanya hambatan pertumbuhan badan, tetapi juga hambatan pertumbuhan kecerdasan otak akibat kekurangan asupan gizi dan omega 3 yang bisa diperoleh dari ikan.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar