DPPKB wujudkan Program Sekolah Siaga Kependudukan

id sekolah siaga kependudukan

DPPKB wujudkan  Program Sekolah Siaga Kependudukan

Pemkab Ogan Komering Ulu Timur meresmikan sekolah siaga kependudukan di SMP Muhammadiyah 1 Rawa Bening. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Martapura (ANTARA) - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, mewujudkan Program Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) agar masyarakat khususnya pelajar di wilayah itu lebih peduli dengan penduduk di lingkungan masing-masing.

"Program SSK ini kami jalankan dalam upaya mendukung program pemerintah pusat di bidang pendidikan dan keluarga berencana," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Ogan Komering Ulu Timur, Mutmainah di Martapura, Sabtu.

Dia menjelaskan, program SSK ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian para pelajar sekolah di wilayah itu terhadap kependudukan demi menuju generasi emas.

"Salah satu sekolah di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang telah dibentuk SSK ini yaitu SMP Muhammadiyah 1 Rawa Bening," katanya.

Dia menjelaskan, Program SSK ini merupakan sekolah yang mengintegrasikan pendidikan dan kependudukan keluarga berencana untuk membentuk sikap kepedulian para siswa di wilayah itu terhadap penduduk.

"Dalam menjalankan program ini terdapat beberapa mata pelajaran di sekolah antara lain muatan lokal untuk menentukan sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa siswi dalam bermasyarakat di lingkungan masing-masing," katanya.

Oleh sebab itu, ia mengajak para peserta didik di wilayah itu untuk mendukung program pembangunan di bidang kependudukan dan keluarga berencana tersebut agar terwujud masyarakat yang peduli tentang kependudukan.

Dengan memiliki perilaku yang mencerminkan sikap hidup bermasyarakat, lanjut dia, para siswa ini diharapkan ke depan dapat membangun keluarga yang berkualitas saat dewasa nanti.

Dia juga berharap, dengan adanya Program SSK ini dapat memupuk kesadaran seluruh pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan mulai dari guru dan siswa di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur untuk peduli dengan dinamika kependudukan.

"Dalam menumbuhkan tingkat kepedulian terhadap penduduk ini terdapat beberapa tahap kerja yang akan dilaksanakan oleh sekolah siaga kependudukan yaitu rancangan proyek perubahan dan pelatihan kepemimpinan nasional," ujarnya.*
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar