Messi pemain terbaik dunia 2019

id Lionel Messi,ballon d'or,pemain terbaik fifa,argentina,barcelona,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, pa

Messi pemain terbaik dunia 2019

Lionel Messi, Juergen Klopp, winner of the Best FIFA, Megan Rapinoe, dan Jill Ellis berpose usai dianugrahi gelar terbaik versi FIFA. ANTARA/REUTERS/Flavio Lo Scalzo

Jakarta (ANTARA) - Mega bintang asal Argentina Lionel Messi pada Senin mencetak rekor meraih gelar pemain terbaik FIFA tahun ini untuk yang keenam kalinya setelah menyisihkan pemain belakang Liverpool Virgil van Dijk dan pemenang lima kali Cristiano Ronaldo.

Messi, yang memenangkan gelar juara La Liga Spanyol bersama Barcelona pada musim lalu serta meraih sepatu emas Eropa dan mencetak 54 gol dalam 58 pertandingan di semua kompetisi, terakhir memenangkan penghargaan itu pada 2015.

Namun demikian, Messi tidak pernah menikmati sukses bersama tim nasional Argentina setelah kalah di semifinal Copa America oleh rival Brazil.

Keunggulan Messi ini agak mengejutkan karena sebelumnya banyak yang lebih menjagokan Van Dijk setelah pemain Belanda ini memenangkan penghargaan pemain terbaik Eropa.

Van Dijk adalah bek tengah yang mengubah pertahanan Liverpool dalam perjalanan meraih juara Liga Champions.
 
Kemenangan Messi di gedung Opera La Scala di Milan ini juga menandai kembalinya dominasi pemain Argentina itu atas Ronaldo, dimana pemain lain di luar mereka yang telah memenangkan penghargaan itu hanya sekali saja sejak 2007.

Sementara itu kapten timnas AS Megan Rapinoe memenangkan penghargaan tertinggi di kategori putri setelah ia sukses membantu negaranya meraih gelar juara Piala Dunia tahun ini dalam turnamen yang dianggap sebagai tonggak penting bagi pengembangan sepak bola putri secara internasional.

"Saya kehilangan kata-kata," katanya. "Ini adalah tahun yang luar biasa bagi sepak bola putri, bagi mereka yang hanya memperhatikan Anda agak terlambat ke pesta. Sangat luar biasa, untuk menjadi bagian dari Piala Dunia, antusiasme yang kami miliki sangat mengagumkan."

Rapinoe, yang juga seorang aktivis di luar lapangan serta menolak mengunjungi Gedung Putih ketika AS telah sukses mempertahankan gelar dunia mereka, menyatakan para pemain harus menggunakan kesuksesan mereka untuk membantu orang lain.

"Saya meminta semua orang di sini, meminjamkan platform Anda untuk orang lain dan berbagi kesuksesan Anda. Kami memiliki kesempatan unik untuk menggunakan gim ini untuk benar-benar mengubah dunia menjadi lebih baik. Saya berharap Anda mengambil hati, melakukan sesuatu, kami memiliki kekuatan luar biasa dalam ruangan ini."

Dia berhasil menyisihkan rekannya Alex Morgan dan Lucy Bronze asal Inggris.

Juergen Klopp dari Liverpool terpilih sebagai pelatih pria terbaik tahun ini sementara pelatih tim nasional AS Jill Ellis mendapatkan trofi pelatih wanita terbaik.