Dinkes Sumsel minta kabupaten dan kota cegah ISPA

id ispa,penyakit ispa,akibat asap,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Dinkes Sumsel minta kabupaten dan kota cegah  ISPA

Kabut asap . Antara

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan (Dinkes) minta kepada pemerintah kabupaten dan kota di provinsi itu untuk mencegah agar masyarakatnya tidak terjangkit ISPA (Infeksi saluran pernapasan akut).

Apalagi saat musim kemarau sekarang ini hutan dan lahan rawan terbakar sehingga dapat menimbulkan kabut asap yang salah satunya penyebab ISPA, kata Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Lesty Nurainy di Palembang, Rabu.

Bahkan, lanjut dia sejak Agustus 2019 sudah banyak masyarakat terkena ISPA sehingga itu harus dihindari.

"Untuk menghindari ISPA antara lain bila perpergian harus menggunakan masker," kata dia.

Hal ini karena masker mengurangi paparan kabut asap karena bila terkena dalam jangka waktu agak lama akan menimbulkan ISPA.

Gunakanlah masker saat berpergian karena itu salah satu untuk mengantisipasi agar tidak terjangkit ISPA.

Selain itu mengkonsumsi makanan bergizi sehingga daya tahan tubuh akan semakin kuat karena bila fisik tidak prima sangat rentan terkena berbagai penyakit termasuk ISPA.

Dalam upaya untuk mengajak kabupaten dan kota menghindari penyakit ISPA itu pihaknya telah memberikan surat edaran kepada Dinas Kesehatan daerah di provinsi itu.

Selain itu juga telah membagikan masker supaya dapat disebarkan kepada masyarakat terutama pengguna jalan.

Yang jelas, sudah ribuan masker dibagikan termasuk di kabupaten dan kota untuk menghindari ISPA terutama saat adanya kabut asap sekarang ini, tambah dia.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar