Program SMN sesuai dengan karakter pemuda

id Smn, bumn untuk negeri, pt pelindo II palembang, perumnas, ptpn 7

Program SMN sesuai  dengan karakter pemuda

Psikolog Asiawati Sulastri saat menjadi pembicara Bedah Buku 'Bingkai Anak Negeri' karya Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Markas Lanal Palembang.  (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Kementerian BUMN dinilai sesuai dengan karakter pemuda kekinian yang antusias dalam mengeksplorasi tempat-tempat baru.

Psikolog Asiawati Sulastri, Kamis, mengatakan langkah Kementerian BUMN saling menukarkan pelajar-pelajar berprestasi antar provinsi di Indonesia secara langsung memenuhi hasrat keingintahuan pemuda akan keberagaman Indonesia.

"Siswa-siswa seumuran mereka itu ingin lebih banyak tahu tentang tempat-tempat baru, tentu dengan dorongan media sosial mereka mengenal suatu tempat, tapi jika berkunjung langsung ke tempat itu akan menimbulkan pengalaman berbeda," ujar Asiawati Sulastri usai menjadi pembicara Bedah Buku 'Bingkai Anak Negeri' karya SMN di Markas Lanal Palembang.

Menurut dia, salah satu aspek yang paling ingin diketahui para siswa ialah seni dan kebudayaan, siswa dengan motivasi tinggi akan antusias melihat perbedaan budaya di Indonesia sebagai kesadaran terhadap keberagaman Indonesia.

Kesadaran akan keberagaman tidak hanya disajikan dalam bentuk literasi semata, pengalaman melihat secara langsung akan lebih mempertajam sikap menerima perbedaan agar persatuan Indonesia tetap utuh.

Para siswa, kata dia, pada dasarnya membutuh motivasi untuk berkembang sehingga diharapkan siap menjadi generasi penerus yang kompetitif. Baginya SMN merupakan salah satu bentuk motivasi tersebut.

Dalam Bedah Buku 'Bingkai Anak Negeri' tersebut, ia juga memberikan semangat kepada siswa-siswa asal Provinsi Kalimantan Tengah agar mengeksplorasi pengalaman selama berada di Provinsi Sumatera Selatan.

"Selepas kegiatan ini para peserta harus meningkatkan prestasi, sebab mereka akan punya bekal pengetahuan yang banyak di sini, khususnya tentang BUMN di mana merekalah yang akan menjadi pemimpin di masa depan," jelasnya.

Ia sangat mengapresiasi PT Pelindo II dan BUMN lainnya yang ikut berperan memberikan kesempatan kepada para siswa SMA sederajat untuk menjaga kearifan budaya dan kebhinekaan bangsa Indonesia.