Pasca jembatan amblas, arus lalu lintas di OKU normal

id jembatan putus,arus lalin di oku normal,satlantas polres oku,jembatan amruk,jalintim

Pasca jembatan amblas, arus lalu lintas di OKU normal

Truk bermuatan terjebak di atas Jembatan di Kabupaten Mesuji perbatasan Sumsel - Lampung, Senin (17/6) (Antara News Sumsel/ist/19)

Baturaja (ANTARA) - Arus lalu lintas di Jalan Lintas Tengah Sumatera wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan masih normal menyusul jembatan di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung ambrol beberapa waktu lalu, dan belum terjadi kemacetan kendaraan khususnya bertonase besar di jalur tersebut.

"Arus lalu lintas hingga kemarin masih normal meskipun kendaraan roda dua dan empat dialihkan lewat Jalan Lintas Tengah Sumatera di Kabupaten OKU akibat jembatan di Mesuji yang menjadi penghubung Provinsi Sumsel-Lampung ambrol," kata Kapolres OKU, AKBP NK Widayana Sulandari diwakili Kasat Lantas AKP Adik Lestyono, di Baturaja, Rabu. Dia mengatakan, untuk mengantisipasi terjadi kemacetan arus lalu lintas, pihaknya memfungsikan jalur alternatif yaitu jalan cor beton di Kelurahan Batu Kuning, Kecamatan Baturaja Barat, mengingat banyak kendaraan bertonase besar dari Pulau Jawa yang melintas menuju Provinsi Sumsel.

"Jalur alternatif ini hanya bisa dilewati kendaraan bertonase sembilan ton. Lebih dari muatan tonase tersebut dilarang lewat karena dikhawatirkan merusak jalan," katanya lagi.

Baca juga: Kendaraan diarahkan ke Tol Kayuagung akibat jembatan ambruk

Selain itu, kata dia, pihaknya juga melakukan persiapan dengan menyiagakan personel di setiap pos penjagaan di wilayah setempat untuk memantau arus kendaraan bertonase besar yang padat melintas agar mengantisipasi kemacetan di jalan raya.

"Untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas, kami menyiagakan dua personel di setiap pos lantas di sepanjang jalan lintas Kabupaten OKU," ujarnya lagi.

Anggota Satlantas yang disiagakan tersebut, lanjut dia, bertugas memonitoring dan saling memberikan info kepada regu siaga untuk melakukan pembagian arus jika terjadi lonjakan kendaraan yang melintas di jalur jalan Kabupaten OKU. "Setiap dua jam sekali anggota kami akan melakukan patroli di jalur lintas untuk memonitoring dan memberikan info agar bersiaga melakukan pembagian arus," ujarnya lagi.

Satu buah truk besar terpaksa berhenti menggantung di jembatan jalur Jalan Lintas Timur Sumatera wilayah Kabupaten Mesuji, Lampung akibat bagian tengah jembatan ambrol, sehingga arus lalu lintas tersendat dan sebagian dialihkan ke Jalan Lintas Tengah Sumatera dari Lampung ke Sumsel dan sebaliknya.

Baca juga: Jembatan penghubung sejumlah desa Mukomuko terancam putus

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021