Asmawi Syam Komisaris Utama Bank BTN

id BTN, RUPS-T,asmawi syam

Asmawi Syam Komisaris Utama Bank BTN

Direktur Utama BTN Maryono (tengah) dalam jumpa pers terkait Rapat Umum Pemegang Saham-Tahunan di Jakarta, Jumat petang (17/5/2019). (ANTARA?Indra Arief Pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Rapat Umum Pemegang Saham-Tahunan (RUPS-T) PT. Bank Tabungan Negara Persero Tbk menetapkan mantan Direktur Utama PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk (BRI)  Asmawi Syam menjadi komisaris utama perseroan, sejalan dengan perombakan beberapa anggota komisaris dan direksi.

Direktur Utama BTN Maryono dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat petang, mengatakan keputusan perombakan komisaris dan direksi ini murni dari pemegang saham dwiwarna, yakni Kementerian BUMN.

"Pastinya pertimbangan-pertimbangan ini untuk memajukan perusahaan," ujar Maryono.

Selain pengangkatan Asmawi Syam, pemegang saham BTN juga mengganti beberapa komisaris yakni I Wayan Agus Mertayasa, dan Parman Nataatmadja, serta Maurin Sitorus.

Sementara pada jajaran direksi, nama Iman Nugroho Soeko dari posisi Direktur Finansial dan Treasuri digantikan Nixon L.P Napitupulu. Nixon, yang merupakan mantan Direktur Utama PT, Bank Mantap juga merangkap sebagai Direktur Koleksi dan Manajemen Aset.

Adapun Asmawi Syam merupakan bankir senior yang yang merintis karir di BRI. Setelah meninggalkan BRI pada 2017, Asmawi dipervaya memimpin PT Asuransi Kredit Indonesia, serta kemudian memimpin PT Jiwasraya hingga Mei 2018.

Pada 2019 ini, emiten bersandi BBTN itu menargetkan pertumbuhan aset hingga 11-13 persen secara tahunan (year on year/yoy). Untuk mendukung perolehan aset itu, BTN membidik pertumbuhan kredit dan pembiayaan di 12-14 persen, sementara Dana Pihak Ketiga ditargetkan tumbuh setara dengan pembiayaan di 12-14 persen.

Berdasarkan hasil RUPS-T Jumat (117/5), berikut jajaran direksi dan komisaris BTN :

Direktur Utama : Maryono
Direktur IT & Operation : Andi Nirwoto
Direktur Commercial Banking : Oni Febriarto Rahardjo
Direktur Compliance : R. Mahelan Prabantarikso
Direktur Finance and Treasury & Strategy
merangkap Direktur Collection, Aset Management : Nixon L.P Napitupulu
Direktur Consumer Banking : Budi Satria
Direktur Distribution & Network : Dasuki Amsir
Direktur Strategic & Human Capital : Yossi Istanto

Komisaris :
Komisaris Utama/ Independen : Asmawi Syam
Komisaris Independen : Kamaruddin Sjam
Komisaris Independen : Arie Coerniadi
Komisaris Independen : Lucky Fathul Aziz Hadibrata
Komisaris Independen : Garuda Wiko
Komisaris : Sumiyati
Komisaris : Iman Sugema
Komisaris : Eko Djoeli Heripoerwanto