Dinas Kesehatan Palembang cegah cacar monyet

id dinkes palembang, kadinkes palembang, cacar monyet, monkeypox, virus moinkepox

Dinas Kesehatan Palembang cegah cacar monyet

Kepala Dinas Kesehatan Palembang dr Letizia bersama pejabat BPJS Kesehatan setempat. (ANTARA/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan melakukan pencegahan terhadap kemungkinan serangan virus penyakit cacat monyet (monkey pox) yang sudah banyak ditemukan di negara tetangga, Singapura.

"Meskpiun belum ada satu pun warga yang terserang virus monkey pox, perlu dilakukan berbagai tindakan pencegahan agar warga kota ini terhindar dari penyakit tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan Palembang dr Letizia di Palembang, Kamis.

Untuk melakukan pencegahan, kata dia, perlu dilakukan pengawasan secara ketat terhadap lalu lintas orang yang datang dari Singapura.

Ia menjelaskan pengawasan itu dilakukan berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan setempat.

Pengawasan dilakukan terhadap penumpang pesawat dari Singapura yang tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dan awak kapal yang melakukan bongkar muat di Pelabuhan Boom Baru Palembang.

"Melalui upaya pencegahan tersebut diharapkan penyakit cacar monyet yang kasusnya banyak ditemukan di negara tetangga itu tidak menimbulkan masalah kesehatan bagi warga 'Bumi Sriwijaya' ini," kata dia.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Palembang Marjunet mengatakan pihaknya berupaya mewaspadai penyebaran penyakit cacar monyet melalui penumpang pesawat.

Untuk mewaspadai masuknya penyakit tersebut, kata dia, dilakukan pengawasan ketat kepada setiap penumpang pesawat yang datang dari luar negeri, terutama Singapura, di Bandara SMB II Palembang.

Untuk melakukan pengawasan penumpang pesawat, di pintu kedatangan internasonal Bandara SMB II ditempatkan petugas dan alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner).

Pihaknya juga berupaya melakukan pengawasan terhadap awak kapal pengangkut barang dari luar negeri yang melakukan bongkar muat barang di Pelabuhan Boom Baru Palembang.

Untuk setiap kapal yang datang dari luar negeri, terutama dari Singapura, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap awak kapalnya.

Jika dalam kegiatan pengawasan tersebut ditemukan penumpang pesawat dan awak kapal terindikasi menderita penyakit cacar monyet, pihaknya akan melakukan tindakan isolasi agar tidak terjadi penyebaran penyakit tersebut.