Kapolda apresiasi OKU Timur, rangkul eks-narapidana budidayakan ikan

id ikan,perikanan ,budidaya,benih,bibit,keramba,narapidana,polisi

Kapolda apresiasi OKU Timur, rangkul eks-narapidana budidayakan ikan

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya secara simbolis menyerahkan bantuan bibit ikan ke petambak keramba apung dalam program perberdayaan masyarakat di Martapura, OKU Timur, Senin (29/4). (Antara News Sumsel/Joko Wiyanto/19)

Martapura, OKU Timur (ANTARA) - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara sangat mengapresiasi program pengembangan budidaya ikan keramba yang dilakukan Pemerintah Kabupaten OKU Timur dengan merangkul mantan narapidana.

Kapolda menyatakan hal tersebut dalam sambutannya yang dibacakan Wadir Binmas Polda Sumsel AKBP Syafruddin di Martapura, Ogan Komering Ulu Timur, Senin (29/4) saat kegiatan penebaran benih ikan keramba apung di Desa Negeri Pakuan, yang merupakan kerja sama Sat Binmas Polres OKU Timur dan Dinas Perikanan dan Peternakan setempat.

“Saya sangat mengapreasi apa yang dilakukan Pemkab OKU Timur, karena berkat sinergi ini telah memberikan lapangan pekerjaan bagi mantan narapidana. Kabupaten ini layak menjadi percontohan kabupaten lain,” kata Kapolda.

Pemberdayaan masyarakat ini dengan memberikan lapangan pekerjaan ini, sama saja dengan upaya menekan angka kriminalitas.

Selain itu pengayoman terhadap mantan narapidana ini juga dapat menimbulkan semangat mereka untuk berkarya di tengah-tengah masyarakat atau tidak lagi berniat untuk mengulangi perbuatan melanggar hukum.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pemkab OKU Timur dan Polres OKU Timur. Ini akan dilaporkan ke Mabes dan jadi percontohan nasional. Terobosan yang sangat baik ini akan kita  infromasikan ke Polres daerah lain, karena selain menekan tindak kejahatan ternyata masyarakat juga dirangkul dengan diberikan lapangan pekerjaan,” ujar Kapolda.
Jajaran pejabat di lingkungan Pemkab OKU Timur berfoto bersama para pembudidaya ikan penerima bantuan bibit di Martapura, OKU Timur, Senin (29/4). (Antara News Sumsel/Joko Wiyanto/19)


Sementara itu, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi  melalui Wakil Bupati Fery Antoni mengatakan, program pengembangan budidaya perikanan khususnya usaha budidaya ikan dalam karamba sebagai upaya peningkatan pemberdayaan potensi perairan umum baik di Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Prioritas pelaksanaan program pengembangan budidaya perikanan ini adalah lokasi di sepanjang  aliran Sungai Komering. Adapun tujuan pengembangan usaha budidaya ikan dalam karamba ini adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir Komering dan membuat peluang usaha perikanan bagi masyarakat di pesisir sungai Komering,” kata Bupati.

Pada tahun ini kegiatan budidaya ikan dalam karamba dialokasikan sebanyak 40 petak yang tersebar di lima kecamatan, diantaranya Kecamatan Martapura, di Desa Keromongan dialokasikan lima petak, Kecamatan BP Peliung, di Desa Negeri Pakuan lima petak. Kecamatan Madang Suku II, di Desa Sukanegara sebanyak 14 petak, Kecamatan BP Bangsa Raja, di Desa Anyar sebanyak delapan petak serta Kecamatan Madang Suku III, di Desa Batumarta VI sebanyak delapan petak.

“Melalui pengembangan budidaya ikan dalam karamba ini diharapkan ke depannya masyarakat khususnya di sepanjang pesisir daerah aliran sungai Komering dapat memanfaatkan dan menjaga potensi perikanan yang secara tidak langsung ikut dalam melestarikan lingkungan perairan umum di Kabupaten OKU Timur,” kata dia.(adv)