15 pemuda Binjai magang ke Jepang

id pemkot binjai,Magang ke Jepang

15 pemuda Binjai magang ke Jepang

ilustrasi (Antara Sumut/ist)

Binjai (ANTARA) - Pemerintah Kota Binjai mengirimkan 15 orang pemuda untuk mengikuti magang kerja selama dua tahun ke Jepang, melalui program kerja bidang pemberdayaan pemuda Dinas Kepemudaan dan Olahraga dari PT Panasonic tahun 2019.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Pemkot Binjai, Nani Sundari, di Binjai, Rabu, mengatakan sebanyak 15 orang pemuda dinyatakan lulus seleksi untuk mengikuti magang ke Jepang, yang terdiri dari 11 laki-laki dan empat perempuan.

"Sebelumnya yang mendaftar sebanyak 51 orang, setelah dilakukan seleksi maka tinggal 15 lagi yang akhirnya diberangkatkan ke magang ke Jepang," katanya.

Sebelum berangkat ke Jepang mereka mengikuti training selama kurang lebih sembilan bulan di PT Panasonic Jakarta, meliputi pengenalan pabrik selama tiga bulan dan mendalami bahasa Jepang selama enam bulan.

Baru kemudian berangkat ke Jepang pada awal Februari 2020 untuk magang selama dua tahun.

"Peserta yang berkesempatan magang di Jepang merupakan pelajar yang sudah tamat dari SMA dan SMK baik negeri maupun swasta berusia 18-21 tahun," katanya.

Selama mengikuti training pengenalan pabrik serta belajar bahasa dan kebudayaan Jepang, biaya ditanggung oleh PT Panasonic.

Pemerintah Kota Binjai memberi bantuan seperti pembiayaan tiket berangkat ke Jakarta, serta biaya pengurusan visa untuk berangkat ke Jepang.

"Nantinya masing-masing peserta magang akan mendapatkan bantuan sebesar Rp11,5 juta dari Pemkot Binjai, yang akan dipergunakan untuk kepengurusan visa dan uang saku mereka," ujarnya.

Nani berharap dengan berhasilnya 15 orang pemuda yang mengikuti magang kerja ke Jepang, akan semakin menambah semangat dan motivasi pemuda lainnya agar dapat mencontoh mereka.

Kegiatan ini juga tentunya guna mendukung program Wali Kota Binjai menjadikan Binjai sebagai kota cerdas.

 
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar