Perusahaan diimbau terapkan K3

id k3, keselamatan dan kesehatan kerja, pemkab musi banyuaisn, muba,Sekda muba, perusahaan k3

Perusahaan diimbau terapkan K3

Sekda Musi Banyuasin Apriyadi. (ANTARA News Sumsel/19)

Sekayu, Musi Banyuasin (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, mengimbau perusahaan yang beroperasi di kabupaten setempat memaksimalkan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk meminimalisasi angka kecelakaan kerja.

"Bagi perusahaan yang hingga kini masih setengah hati dalam penerapan K3, diimbau untuk mulai menerapkannya secara maksimal," kata Sekda Musi Banyuasin Apriyadi di Sekayu, Rabu.

Untuk mendorong perusahaan di "Bumi Serasan Sekate" ini menerapkan K3 secara maksimal, program pembinaan dan pengawasan terhadap perusahaan terutama yang mempekerjakan karyawan di lapangan berisiko tinggi mengalami kecelakaan kerja akan ditingkatkan.

"Melalui program yang bisa mendorong perusahaan milik pemerintah dan swasta, serta pegawai di lingkungan Pemkab Musi Banyuasin menerapkan K3 secara maksimal diharapkan dapat diminimalisasi ecelakaan kerja," katanya.

Dia menjelaskan, selain berupaya meningkatkan pembinaan dan pengawasan penerapan K3 di lingkungan perusahaan dan lapangan, pihaknya berupaya mendorong perusahaan yang beroperasi di kabupaten ini mematuhi ketentuan terkait pemenuhan kewajiban di bidang investasi dan ketenagakerjaan.

Kemudian pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada seluruh pemangku kepentingan terkait penerapan K3.

Keterlibatan secara maksimal unsur pemerintah daerah dan manajemen perusahaan sangat penting dalam mendorong dan memastikan pelaksanaan K3 serta Sistem Manajemen K3 di perusahaan berjalan dengan baik, demikian Apriyadi.