Becak hingga ondel-ondel di Karnaval Indonesia Satu

id Karnaval Indonesia Satu,Jokowi,pilpres 2019,ondel-ondel, karnaval indonesia satu

Becak hingga ondel-ondel di Karnaval Indonesia Satu

Anak-anak keluarga pendukung pasangan calon presiden nomor 01 Jokowi-Ma'ruf berfoto dengan atraksi ondel-ondel dan becak hias dalam acara Karnaval Indonesia Satu di Alun-Alun Kota Tangerang, Banten, Minggu (7/4/2019). (ANTARA/Devi Nindy Sari Ramadhan)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah hiasan ondel-ondel khas kebudayaan Betawi hingga becak hias hibur para pendukung calon presiden petahana nomor urut 01 Jokowi yang memadati acara Karnaval Indonesia Satu di titik awal Alun-Alun Kota Tangerang, Banten, Minggu (7/4) siang.

Atraksi ondel-ondel yang terpajang di salah satu sisi Alun-Alun Tangerang banyak diminati pendukung untuk mengabadikan diri bersama sesama rekan sesama pendukung Jokowi yang datang secara berombongan.

Bahkan tidak sedikit dari rombongan tersebut turut membawa anak-anaknya, kemudian mereka berswafoto di depan ondel-ondel warna-warni yang berjajar.

Salah satu pendukung paslon nomor 01, Rochman, turut membawa serta anak perempuan dan istrinya dalam kesempatan itu.

"Anak saya ingin bertemu dengan pak Jokowi. Kami sekeluarga datang berombongan naik motor dari Pasar Kemis, Tangerang untuk kemari," ujar dia.

Selain itu, atraksi becak hias juga menarik perhatian salah satu pendukung Jokowi yang membawa balita bernama Ella.

"Saya bertiga dengan kakak untuk kampanye sambil jaga anak. Becak hiasnya lucu untuk anak-anak balita foto, mereka juga bisa duduk-duduk di atas becak," ujar Ella.

Kedua pendukung Jokowi dalam acara tersebut menuturkan kata sepakat tidak akan melibatkan anak-anak secara langsung dalam rangkaian karnaval, maupun mengikuti acara kampanye terbuka paslon presiden nomor urut 01 tersebut.



 
Anak-anak keluarga pendukung pasangan calon presiden nomor 01 Jokowi-Ma'ruf berfoto dengan atraksi ondel-ondel dan becak hias dalam acara Karnaval Indonesia Satu di Alun-Alun Kota Tangerang, Banten, Minggu (7/4/2019). (Devi Nindy Sari Ramadhan)


Mereka membawa anak-anak berteduh menikmati panggung hiburan atau memadati sepanjang Jalan Daan Mogot Kota Tangerang, Banten, hanya untuk melihat pergerakan karnaval budaya.

Berbagai komunitas pendukung pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01 seperti Solidaritas Ulama Muda Pendukung Jokowi (Samawi) dan massa dari partai-partai politik pengusung melengkapi diri dengan kaus dominan berwarna putih, bendera, dan poster dukungan untuk memeriahkan acara.

Karnaval Indonesia Satu akan dimulai pada pukul 15.30 WIB dari alun-alun Ahmad Yani, menuju Jalan Raya Daan Mogot, kemudian Ramayana, dan berakhir di Pendopo Walikota Tangerang.

Karnaval akan diisi oleh sejumlah pegiat budaya, seperti kesenian Dayak, debus, silat tradisional, dan barongsai.

Panitia penyelenggara menyiapkan sembilan panggung hiburan rakyat yang membentang sepanjang Jalan Daan Mogot untuk menghibur massa peserta karnaval. Sedangkan satu panggung khusus akan menampilkan hologram Jokowi.

Sejumlah panggung hiburan telah menampilkan pengisi acara seperti musisi campur sari di panggung Golkar dan Partai Perindo, atau musik Betawi di panggung PKB, PSI, Dan PPP.

Sementara itu, Pemilihan Presiden 2019 diikuti oleh dua pasang calon. Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.