Proliga 2019 seri Palembang siap digelar

id Proliga,voli indonesia,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Asisten Manejer Surabaya Bhayangkara Samator, Hadi Sampurno

Proliga 2019 seri Palembang siap digelar

Arsip - Pertandingan Proliga. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kompetisi bola voli paling bergengsi di Tanah Air, Proliga 2019 siap digelar kembali yang kali ini memasuki seri pertama putaran kedua di Palembang Sport Convention Center, Palembang, 11-13 Januari.

Pada putaran ini, tim kebanggaan asal Sumatera Selatan, Bank SumselBabel akan menjadi tuan rumah pada laga pekan pertama di luar Pulau Jawa ini.

Pada laga seri perdana putaran kedua ini merupakan kesempatan terakhir bagi tim untuk mengganti satu pemain asing, khususnya bagi tim yang sudah memiliki dua pemain asing pada putaran pertama. Jika masih memiliki satu pemain asing diperkenankan menambah satu pemain asing.

Sedangkan untuk pemain domestik atau pemain lokal, setiap tim boleh mengganti dua pemainnya jika sudah mendaftarkan maksimal 15 pemainnya. Jika belum melengkapi jumlah 15 pemain, maka boleh menambah hingga mencapai jumlah yang diperbolehkan sesuai aturan.

"Ini kesempatan terakhir untuk menambah atau mengganti pemain bagi semua peserta Proliga 2019 sebelum seri Palembang dimulai. Setelah Palembang tidak ada lagi penggantian atau penambahan," kata Direktur Proliga Hanny S Surkatty dalam konferensi pers di Palembang, Kamis.

Pada awal putaran kedua ini, seluruh klub Proliga 2019 melakukan pembenahan,bukan hanya penggantian atau penambahan pemain, tapi juga evaluasi dari hasil tiga seri di putaran pertama.

Pada putaran kedua ini, setiap tim akan mengamankan posisi untuk lolos ke babak empat besar atau final four, yang salah satunya tuan rumah Palembang, Bank SumselBabel.

Seperti diketahui, satu-satunya klub dari luar Jawa ini telah melakukan penggantian pemain asing. Ilya Nikitin, pemain asing asal Rusia yang telah memperkuat Bank SumselBabel pada putaran pertama lalu sudah dipulangkan untuk digantikan pemain dari Kroasia, Danijel Galic.

"Kami sudah melakukan evaluasi terhadap Nikitin selama putaran pertama, kalau dia tidak tepat bermain di tim kita. Makanya kita pulangkan dan diganti dengan Danuel Galic," kata pelatih Bank SumselBabeI, Pascal Wilmar.

Tuan rumah akan menghadapi dua laga di kandang sendiri. Pertama bertemu juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator, Jumat (11/1)dan pertandingan kedua menghadapi tim debutan Sidoarjo Aneka Gas industri (13/1).

Dua laga di kandang sendiri itu, bagi pelatih Pascal Wilmar, merupakan partai hidup mati. Pasalnya, jika pada dua laga itu meraih kemenangan, maka peluang lolos ke final four relatif lebih ringan.

Saat ini, tim Wong Kito itu sudah meraih tiga kemenangan dari lima laga dan merenggut poin delapan.

Jika dua pertandingan di Palembang kita menang dengan skor 3-0 atau 3-1 posisi kita ke babak final four lebih aman," kata pemain nasional era 1990-an itu.

Sementara itu, bagi Bhayangkara Samator yang akan dihadapi tuan rumah menyatakan optimismenya dengan telah melakukan pembenahan di dalam tim, terutama dalam soal mental.

Dua kekalahan pada dua laga terakhir di putaran pertama di Bandung, membangkitkan mental juang para pemain. Juara bertahan ini tumbang di dua laga di Bandung, yakni atas Sidoarjo Aneka Gas Industri 1-3 dan Jakarta Pertamina Energi 0-3.

"Tidak ada jalan lain bagi kami di Palembang kita harus ambil dua laga, demi untuk mengamankan posisi ke final four," ucap Asisten Manejer Surabaya Bhayangkara Samator, Hadi Sampurno.

Menurutnya, saat melawan Pertamina di Bandung lalu, tim asuhan lbarsjah Djanu Tjahjono ini banyak bobol di jump serve lawan. "Ini yang akan kita benahi," kata dia.

Sementara di sektor putri, pertemuan finalis tahun lalu, juara bertahan Jakarta Pertamina Energi dan Bandung Bank BJB Pakuan kembali akan membuka putaran pertama. Demikian pula juara putaran pertama lalu, Jakarta PGN Popsivo Polwan akan berlaga melawan Jakarta Elektrik PLN.