Persebaya bungkam Persija 3-0

id liga1,liga indonesia,persebaya,persija,sepakbola

Logo Go-Jek Traveloka Liga 1 Indonesia. (ist)

Surabaya (ANTARA News Sumsel) - Persebaya Surabaya meraih kemenangan dengan skor 3-0 melawan Persija Jakarta pada lanjutan Liga 1 pekan ke-29 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu. 

Tiga gol kemenangan Persebaya masing-masing dicetak oleh Osvaldo Haay menit ke-2, Oktafianus Fernando menit ke-30 dan Ferinando Pahabol menit ke-78. 

Pertandingan babak pertama baru bergulir, tuan rumah mengambil inisiatif menyerang dan terbukti baru dua menit berjalan sudah mengubah skor melalui Osvaldo Haay memanfaatkan bola muntah Fandi Eko Utomo usai menerima umpan tendangan bebas Misbakus Solikin. 

Tendangan voli sambil menjatuhkan badan yang dilakukan putra kandung legenda Persebaya, Yusuf Ekodono tersebut sempat diblok kiper Persija Shahar Ginanjar, lalu disambar oleh Osvaldo Haay.

Tim tamu yang membutuhkan poin untuk bersaing di papan atas klasemen sementara mencoba keluar dari tekanan melalui Marco Simic maupun Osas Saha, namun selalu kandas di barisan pertahanan Persebaya. Serangan silih berganti juga tersaji di setengah jam pertama karena kedua tim memperagakan permainan terbuka dan menciptakan peluang-peluang.

Bajul Ijo, julukan Persebaya sukses menggandakan keunggulan melalui tendangan melengkung Oktafianus Fernando dari sisi kanan pertahanan Persija yang membuat Shahar Ginanjar hanya terbang menangkap angin. 

Gol yang tercipta menit ke-30 tersebut menjadi gol terakhir di 45 menit babak pertama, dan membuat skor sementara 2-0.

Babak kedua berjalan, Macan Kemayoran, julukan Persija, memasukkan Asri Akbar menggantikan Osas Saha dengan harapan mempertaham serangan dari lini tengah, tapi beberapa upaya tim tamu masih mengalami kebuntuan.

Persebaya sendiri lebih memilih memainkan tempo dan mencoba mempertahankan skor, tapi tetap dengan sesekali melakukan serangan balik melalui Osvaldo Haay dan Oktafianus Fernando.

Disaksikan 50 ribu lebih suporternya, Bonek Mania, Persebaya tak ingin lengah, bahkan sukses memperbesar keunggulan menjadi 3-0 melalui Ferinando Pahabol menit ke-78.

Gol tercipta saat pemain asal Papua itu menggiring bola dari luar kotak penalti, kemudian menyodorkannya ke Osvaldo Haay, yang ternyata mendapat gangguan dari bek Persija Jaime Xavier dan kiper Shahar, tapi justru bola kembali ke kaki Pahabol dan tinggal menceploskannya ke gawang yang sudah melompong.

Di sisa waktu, pelatih Persebaya melakukan pergantian pemain untuk memperkuat lini pertahanan dengan memasukkan gelandang bertahan M Hidayat dan OK John.

Hingga wasit Handri Kristanto asal Jawa Tengah meniupkan peluit panjang tanda 90 menit berakhir, skor 3-0 untuk Persebaya sekaligus memastikan tambahan tiga poin.

Kemenangan itu membuat Persebaya masuk di posisi klasemen 10 besar, tepatnya di posisi sembilan dengan koleksi 38 poin hasil 29 kali bertanding, sedangkan Persija Jakarta di posisi tiga dengan raihan 48 poin hasil 28 kali laga.

 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar